EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADIS DI KELAS V MI AL-HIDAYAH NEGERI CAMPANG JAYA KECAMATAN SUNGKAI TENGAH KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Della, Sari (2023) EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADIS DI KELAS V MI AL-HIDAYAH NEGERI CAMPANG JAYA KECAMATAN SUNGKAI TENGAH KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of DELLA SARI skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran yang efektif biasanya dalam kegiatan pembelajaran Guru dapat membelajarkan peserta didik dan memiliki pengaruh yang baik. Kemampuan membaca Al-Qur’an sangatlah penting dalam kehidupan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan Guru dalam memberikan pembelajaran Al-Qur'an Hadis di kelas V MI Al-Hidayah Negeri Campang Jaya Kecamatan Sungkai Tengah Kabupaten Lampung Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah lapangan (field research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi (pengamatan), wawancara (interview) dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan peneliti selama penelitian berlangsung dan semua data tersebut dianalisis karena penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jadi terdapat tiga langkah yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru dalam perencanaan kegiatan pembelajaran membuat Prota, Prosem, Minggu Efektif, Silabus, RPP dan bahan ajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran Guru menggunakan metode Iqro’ agar peserta didik dapat membaca Al-Qur’an dengan baik sesuai dengan hukum membaca Al-Qur’an. Guru melakukan evaluasi mengenai pembelajaran dengan memberikan tes secara lisan secara langsung dengan mendengarkan peserta didik membaca Al-Qur’an. Dalam penelitian ini guru dalam memberikan pembelajaran Al-Qur’an Hadis melakukan tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an sudah baik di MI Al-Hidayah dengan menggunakan metode Iqro’. Kata Kunci: Efektivitas, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, dan Metode Iqro’ ABSTRACT Effective learning is usually in teacher learning activities that can teach students and have a good influence. The ability to read the Qur'an is very important in life. The purpose of this study was to determine the planning, implementation, and evaluation carried out by the teacher in providing Al�Qur'an Hadith lessons in class V MI Al-Hidayah Negeri Campang Jaya, Sungkai Tengah District, North Lampung Regency. The type of research used in this thesis is field research. The data sources used in this study are primary data sources and secondary data sources. In this study the data collection techniques used were observation, interview and documentation methods. The process of data analysis was carried out by researchers during the research and all the data was analyzed because this research used qualitative research so there were three steps, namely, data reduction, data presentation, and verification or drawing conclusions. The results showed that the teacher in planning learning activities made Prota, Prosem, Effective Week, Syllabus, Lesson Plans and teaching materials to achieve learning objectives. Implementation of teacher learning using the Iqro method so that students can read the Koran properly in accordance with the law of reading the Koran. The teacher evaluates learning by giving oral tests directly by listening to students reading the Qur'an. In this study the teacher in providing Al-Qur'an Hadith learning carried out three stages, namely planning, implementation, and evaluation. Students' ability to read the Qur'an is good at MI Al-Hidayah using the Iqro' method. Keywords: Effectiveness, Ability to Read Al-Qur'an, and Iqro' Method

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:33
Last Modified: 30 Mar 2023 04:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23819

Actions (login required)

View Item View Item