PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION TERHADAP PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK SD NEGERI 1 MULYOSARI

MEILIANA, PRASTYASIH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION TERHADAP PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK SD NEGERI 1 MULYOSARI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL MEILIANA PRASTYASIH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan penelitian di SD Negeri 1 Mulyosari diperoleh gambaran bahwa kegiatan pembelajaran sudah menggunakan beberapa model pembelajaran, tetapi masih ada peserta didik yang merasa bosan dan kurang tertarik pada saat pembelajaran. Peserta didik yang merasa bosan dan kurang tertarik pada saat belajar juga dapat menyebabkan rendahnya perilaku sosial yang dimiliki peserta didik seperti kurang memiliki perilaku bekerjasama, menghormati orang lain, percaya diri, peduli terhadap orang lain, sopan santun, dan kurang bertanggung jawab. Maka dari itu diterapkannya model pembelajaran auditory intellectualy repetition untuk meningkatkan perilaku sosial peserta didik. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran auditory intellectualy repetition terhadap perilaku sosial peserta didik SD Negeri 1 Mulyosari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequevalent Control Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 51 peserta didik yang berasal dari kelas IV A berjumlah 26 peserta didik dan kelas IV B berjumlah 25 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebanyak 25 pernyataan yang telah dinyatakan valid dan reliabel, serta menggunakan observasi yang dilaksanakan pada setiap pertemuan dengan sebanyak 12 pernyataan untuk mengukur perilaku sosial peserta didik. Berdasarkan hasil analisis statistik uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran auditory intellectualy repetition terhadap perilaku sosial peserta didik SD Negeri 1 Mulyosari. Hasil nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 75,13 dan pada kelas kontrol yaitu 63,04. Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil perhitungan data menujukkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini disimpulkan nilai sig sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05, maka terdapat pengaruh yang signifikan pada perilaku sosial peserta didik. Dengan ini hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Kata Kunci: Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition, Perilaku Sosial. ABSTRACT Based on research at SD Negeri 1 Mulyosari, it was obtained an illustration that learning activities had used several learning models, but there were still students who felt bored and less interested in learning. Students who feel bored and less interested in learning can also lead to low social behavior in students such as lack of cooperative behavior, respect for others, self�confidence, caring for others, courtesy, and lack of responsibility. Therefore, the application of the auditory intellectual repetition learning model is used to improve students' social behavior. The purpose of this study was to see the effect of the auditory intellectual repetition learning model on the social behavior of students at SD Negeri 1 Mulyosari. This research is a type of Quasi Experimental Design research with a Nonequevalent Control Group Design research design. The population of this study was 51 students from class IV A totaling 26 students and class IV B totaling 25 students. The sample for this research was class IV A as the experimental class and class IV B as the control class. The data collection technique uses a questionnaire of 25 statements which have been declared valid and reliable, and uses observations carried out at each meeting with as many as 12 statements to measure students' social behavior. Based on the results of the statistical analysis of the normality test, homogeneity test and t-test, it was concluded that there was an effect of the auditory intellectual repetition learning model on the social behavior of students at SD Negeri 1 Mulyosari. The average score in the experimental class is 75.13 and in the control class is 63.04. The experimental class obtained a higher average score than the control class. The results of data calculations show that the sig (2-tailed) value is 0.000. It can be concluded that the sig value of 0.000 is smaller than the significant level of 0.05, so there is a significant influence on the social behavior of students. With this the hypothesis H0 is rejected and H1 is accepted. Keywords: Auditory Intellectual Repetition Learning Model, Social Behavior.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:23
Last Modified: 30 Mar 2023 03:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23813

Actions (login required)

View Item View Item