PENGEMBANGAN PANDUAN DIGITAL INSTRUMEN KEMAMPUAN ARGUMENTASI PADA MATERI SISTEM GERAK KELAS XI SMA

Kholifatun, Sugianto (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN DIGITAL INSTRUMEN KEMAMPUAN ARGUMENTASI PADA MATERI SISTEM GERAK KELAS XI SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL KHOLIFATUN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya instrumen asesesmen yang dikembangkan oleh pendidik sangat jarang mengembangkan soal esay dan belum pernah mengembangkan soal yang dikaitkan dengan indicator kemampuan argumentasi. Oleh karena itu dalam menjawab soal, peserta didik belum terbiasa memberkian argumentasi ilmiah dan kemampuan argumentasi peserta didik masih rendah. Kemampuan argumentasi sangat penting bagi peserta didik. Hal ini karena kemampuan argumentasi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, logis, dalam memecahkan masalah karena argumen harus disertai bukti dan alasan ilmiah. Pengembangan instrumen kemampuan argumentasi pada mata pelajaran Biologi khususnya materi Sistem Gerak Kelas XI dilakukan di SMA N 2 Kotabumi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) menggunakan model Borg and Gall. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah, kelayakan, dan kualitas produk panduan digital instrumen kemampuan argumentasi yang dikembangkan. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini berupa : (1) Dikembangkan produk Panduan digital Pengembangan Instrumen Kemampuan Argumentasi Pada Mata Pelajaran Sistem Gerak Kelas XI SMA. (2) Kelayakan produk dinilai oleh dosen ahli materi, bahasa, dan media. Berdasarkan hasil validasi dosen ahli diperoleh sebagai berikut : menurut ahli materi produk yang dikembangkan memiliki kriteria “Sangat Layak” mencapai persentase rata-rata dari keseluruhan aspek yang dinilai sebesar 82,14%. Menurut ahli bahasa produk yang dikembangkan memiliki kriteria “Sangat Layak” mencapai persentase rata –rata dari keseluruhan aspek yang dinilai sebesar 81,94% sedangkan menurut ahli media produk yang dikembangkan memiliki kriteria “ Sangat Layak” mencapai rata-rata pesentase dari keseluruhan aspek yang dinilai sebesar 85,22%. Respon produk oleh pendidik sebesar 83,92% dan peserta didik 83% dengan kriteria sangat Layak. Kata Kunci : Panduan Digital, Instrumen Asesmen, Kemampuan Argumentasi iv ABSTRACT The background of this research is that the assessment instruments developed by educators are not maximal yet, they rarely develop essay questions and have never developed questions related to indicators of argumentation skills. Therefore, in answering questions, students are not used to giving scientific arguments and students' argumentation skills are still low. Argumentation skills are very important for students. This is because argumentation skills can improve the ability to think critically, logically, in solving problems because arguments must be accompanied by scientific evidence and reasons. The development of argumentation skill instruments in Biology subject, especially the Class XI Movement System material, was carried out at SMA N 2 Kotabumi. This type of research is Research and Development (R&D) research using the Borg and Gall model. This study aims to determine the steps, feasibility, and product quality of the developed argumentation skills instrument digital guide. The results of this research and development are in the form of: (1) Developed an digital guide for Development of Argumentation Skills Instruments in Class XI SMA Movement System Subject. (2) Product feasibility is assessed by material, language, and media expert lecturers. Based on the validation results of expert lecturers, the following is obtained: according to material experts, the product developed has the criteria of "Very Eligible" achieving an average percentage of all aspects assessed at 82.14%. According to linguists the product being developed has the criteria of "Very Eligible" achieving an average percentage of all aspects assessed at 81.94%, while according to media experts the product being developed has the criteria of "Very Eligible" achieving an average percentage of all aspects assessed of 85.22%. (3) The response of the digital guide instrument for argumentation skills in Biology subject from the educator's assessed of 83,92% and learners assed of 83% received the "Very Good" category. Keywords : Digital Guide, Instrument Asessmen, And Argumentation Skilss

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Mar 2023 07:02
Last Modified: 29 Mar 2023 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23810

Actions (login required)

View Item View Item