PENGARUH KONSELING EKLEKTIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017

Audina K.S, Wenny (2017) PENGARUH KONSELING EKLEKTIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP__WENI.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Kurangnya Bimbingan dan Konseling di sekolah memberikan dampak negatif yang amat besar terhadap perkembangan pendidikan dan pribadi peserta didik, hal ini mengingat banyaknya permasalahan belajar yang dialami peserta didik dan kurangnya semangat untuk belajar. Peserta didik yang memiliki minat belajar rendah di SMP Negeri 8 Bandar Lampung melalui konseling eklektik?? Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran konseling eklektik terhadap minat belajar. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran setelah diterapkannya pembelajaran dengan konseling eklektik. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas VIII B SMP Negeri 8 Baandar Lampung yang menujukan tingkatan minat belajar yang rendah. penelitian ini metode pre eksperimental dengan menggunakan one group pretest posttest desain sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 8 peserta didik yang diambil menggunakan tehnik random sampling pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi hasil penyebaran angket minat belajar sebanyak 25 item dan sekaligus sebagian hasil diperoleh dalam pretest 55.50% dan posttest 98.00% terjadi peningkatan 42.5 % hal ini dapat ditunjukan dari analisis data pretest dan posttest dengan menggunakan uji t (paired sampel t-test) diperoleh t hitung < t tabel (-25.464 < 2,365 maka ho diterima dan ha ditolak, dari hasil data tersebut minat belajar di SMP Negeri 8 Bandar Lampung Kesimpulan dari penelitian ini adalah desngan menggunakan konseling eklektik dapat berpengaruh positif dan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 22 Nov 2017 02:13
Last Modified: 22 Nov 2017 02:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2381

Actions (login required)

View Item View Item