PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA MANIK�MANIK TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI 01 TRIMOHARJO KAB. OKU TIMUR

PUTRI, WIDIANINGSIH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA MANIK�MANIK TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI 01 TRIMOHARJO KAB. OKU TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI PUTRI WIDIANINGSIH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa kendala proses pembelajaran matematika antara lain proses pembelajaran matematika yang masih menerapkan metode teacher centered, pembelajaran yang kurang menarik, dan masih rendahnya keterampilan berhitung peserta didik pada materi matematika. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media manik-manik terhadap keterampilan berhitung matematika pada peserta didik kelas I SD Negeri 01 Trimoharjo Kab. OKU Timur. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment Design. Quasi Eksperiment Design yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Postest Control Group Desaign. Pada penelitian ini, sampel yang digunakan berjumlah 56 peserta didik dengan penjabaran 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen atau kelas I A yang menerapkan model pembelajaran TGT, sedangkan 28 peserta didik sebagai kelas kontrol atau kelas I B yang menerapkan model kooperaktif. Teknik pengumpulan data untuk keterampilan berhitung berupa pre-test dan post-test kemudian di analisis dengan uji-t, sebelumnya data tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TGT terhadap keterampilan berhitung pada mata pelajaran matematika. Hal ini dibuktikan dalam pengujian hipotesis menggunakan analisis data uji t sample independen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh taraf signifikan (sig) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang menunjukan bahwa Hₒ ditolak dan H₁ diterima pada penelitian ini. Artinya pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGT ini berpengaruh terhadap keterampilan berhitung matematika peserta didik kelas I di SD Negeri 01 Trimoharjo Kab. OKU Timur yang dimana antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan. Kata kunci: TGT, Keterampilan Berhitung iv ABSTRACT This research is motivated by the existence of several obstacles to the mathematics learning process, including the mathematics learning process which still applies the teacher centered method, learning is less interesting, and students' numeracy skills are still low in mathematics material. The purpose of this study was to determine the effect of the Teams Games Tournament (TGT) learning model assisted by media beads on math arithmetic skills in first grade students at SD Negeri 01 Trimoharjo Kab. OKU Timur. The type of experimental research used in this research is Quasi Experiment Design. The Quasi Experiment Design used in this study is the Pretest-Postest Control Group Design. In this study, the sample used was 56 students with a description of 28 students as the experimental class or class I A who applied the TGT learning model, while 28 students were the control class or class I B who applied the cooperative model. Data collection techniques for numeracy skills were in the form of a pre-test and post-test then analyzed with the t-test, previously the data was tested for prerequisites with normality tests and homogeneity tests. The results of this study indicate that there is an influence of the TGT learning model on numeracy skills in mathematics. This is proven in testing the hypothesis using independent sample t test data analysis. Based on the results of data analysis, a significant level (sig) <0.05 was obtained, namely 0.000 <0.05 which indicated that Hₒ was rejected and H₁ was accepted in this study. This means that learning using the TGT learning model greatly influences the math skills of first grade students at SD Negeri 01 Trimoharjo Kab. OKU Timur where there is a significant difference between the experimental class and the control class. Keywords: TGT, Numeracy Skills

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Mar 2023 03:09
Last Modified: 29 Mar 2023 03:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23804

Actions (login required)

View Item View Item