HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN KEPERCAYAAN MEREK DENGAN IMPULSIVE BUYING MAHASISWA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE

FUJI, ASRI MULYANI (2023) HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN KEPERCAYAAN MEREK DENGAN IMPULSIVE BUYING MAHASISWA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FUJI ASRI MULYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Antara Harga Diri dan Kepercayaan Merek dengan Impulsive Buying Mahasiswa Pengguna E-Commerce Shopee Oleh : Fuji Asri Mulyani Kemajuan teknologi saat ini mengalami perkembangan yang signifikan, diantaranya dalam bidang industri perdagangan yang tidak memungkiri jika banyak perusahaan yang berlomba-lomba membuat layanan e-commerce yang berkualitas dan dapat dipercaya oleh konsumen salah satunya e-commerce Shopee. Kondisi ini mempengaruhi daya beli khususnya mahasiswa yang membelanjakan uang diluar kebutuhan yang cenderung mendorong perilaku impulsive buying pada mahasiswa. Impulsive buying merupakan perilaku konsumen, dimana pembelian konsumen yang terjadi tidak secara rinci terencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan kepercayaan merek dengan impulsive buying mahasiswa pengguna e-commerce Shopee. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa UIN Raden Intan Lampung prodi Psikologi Islam angkatan 2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Tehnik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan adalah skala impulsive buying dengan 26 aitem, skala harga diri 17 aitem dan skala kepercayaan 20 aitem. Tehnik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan JASP 0.16.3.0. Hasil penelitian pertama menunjukan nilai R= 0.555 dan nilai F= 12.665 dengan taraf signifikan p=0.01 (P=<.001) hasil yang diperoleh memberikan Sumbangan Efektif (SE) sebersar 30.8% dan 69.2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Hasil kedua dengan nilai koefisiensi korelasi (Rx2-y)=0.162 dengan taraf signifikan p=0.218 (p>0.05) menunjukan hubungan yang tidak signifikan antara harga diri dengan impulsive bying. Hasil ketiga dengan nilai kofisiensi korelasi p=0.01 (p=<.001) menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan merek dengan impulsive buying pada mahasiswa pengguna e-commerce Shopee. Kata kunci : impulsive buying, harga diri, dan kepercayaan merek

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Mar 2023 07:13
Last Modified: 28 Mar 2023 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23800

Actions (login required)

View Item View Item