ANALISIS MEKANISME RESCHEDULING, RECONDITIONING DAN RESTRUCTURING PADA PENYELESAIAN PEMBIAYAAN MURABAHAH BERMASALAH BERDASARKAN POJK MASA COVID-19 (Studi Pada PT. BPRS Mitra Agro Usaha)

ADE, AYU NURISNAINI (2023) ANALISIS MEKANISME RESCHEDULING, RECONDITIONING DAN RESTRUCTURING PADA PENYELESAIAN PEMBIAYAAN MURABAHAH BERMASALAH BERDASARKAN POJK MASA COVID-19 (Studi Pada PT. BPRS Mitra Agro Usaha). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI _ADE AYU NURISNAINI_1851020255.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitan ini dilatarbelakangi oleh adanya Covid-19 yang berdampak pada lembaga keuangan syariah salah satunya adalah PT. BPRS Mitra Agro Usaha. Pembiayaan yang mengalami kemacetan akibat pandemi Covid-19 pada PT.BPRS Mitra Agro Usaha salah satunya adalah pembiayaan dengan akad Murabahah.Dalam kondisi seperti ini pemerintah memberikan stimulus melalui kebijakan POJK No.11/POJK.03/2019 Tentang Stimulus Perekonomian Nasional Sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Covid�sebagaimana telah di ubah oleh POJK No.48/POJK.03/2020 sebagai kebijakan relaksasi kredit, khususnya penetapan kualitas kredit dan restrukturisasi kredit terdampak Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Selain itu, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Mitigasi dalam penyelesaian pembiayaan murabahah bermasalah yang dilakukan PT.BPRS Mitra Agro Usaha melalui 2 tahapan, yaitu: 1) Jalur Non Litigasi, melalui penagihan intensif, pemberian teguran dan surat peringatan SP I s/d III, melakukan restrukturisasi berupa penjadwalan kembali (rescheduling), persyaratan kembali (reconditioning)dan penataan kembali (restructuring), 2) Jalur Litigasi, melalui peradilan agama dan likuidasi jaminan. Penyelesaian pembiayaan murabahah bermasalah yang dilakukan PT. BPRS Mitra Agro Usaha sudah sesuai dengan POJK NO. 11/POJK.03/2019sebagaimana telah diubah oleh POJK No. 48/POJK.03/2020. Dalam tinjauan ekonomi islam, penyelesaian pembiayaan murabahah bermasalah pada PT. BPRS Mitra Agro Usaha sudah sesuai dengan prinsip ekonomi islam yaitu: 1) Al-Sulh (perdamaian), 2) At-Tahkim (arbitrase) dan 3) Al-Qadha (peradilan). Kata Kunci : Pembiayaan Bermasalah, Murabahah, Restrukturisasi, Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Mar 2023 07:03
Last Modified: 28 Mar 2023 07:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23799

Actions (login required)

View Item View Item