PENGARUH METODE ODOA (ONE DAY ONE AYAT) TERHADAPKEMAMPUAN MENGHAFAL JUZ AMMA KELAS V MI MIFTAHUL HUDA SENDANG AGUNG LAMPUNG TENGAH

DHEA, SIFA HAYU (2023) PENGARUH METODE ODOA (ONE DAY ONE AYAT) TERHADAPKEMAMPUAN MENGHAFAL JUZ AMMA KELAS V MI MIFTAHUL HUDA SENDANG AGUNG LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi DHEA SIFA HAYU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Metode ODOA yaitu strategi menghafal One Day One Ayat yang merupakan teknik menghafal satu hari satu ayat yang dimulai dari surah�surah pendek. Namun untuk ayat yang pendek satu hari bisa lebih dari satu ayat, dan untuk ayat yang cukup panjang dihafalkan dalam waktu dua hari atau sampai benar-benar hafal. Menghafal dengan menggunakan metode One Day One Ayat merupakan pembelajaran menghafal yang ringan, tepat dan cepat. Sedangkan menghafal berasal dari kata (حفظ – يحفظ – حفظ (yang berarti menjagamenjaga. Memelihara dan melindungi. Adapun menghafal dalam Kamus Bahasa Indonesia adalah menghafal berarti memasukan kedalam ingatan atau dapat melafalkan di luar ingatan tanpa melihat tulisan atau buku catatan lain. Metode ODOA sangat ringan, cepat dan praktis dalam penerapanya, sehingga akan memudahkan guru dalam melatih dan mengajarkan kemampuan menghafal. Serta anak akan mudah dalam menghafal Penelitian ini di layar belakangi oleh fakta pencapaian nilai kemampuan menghafal peserta didik masih banyak yang rendah. Adapun salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu pembelajaran menghafal adalah penerapan metode menghafal. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui metode One Day One Ayat terhadap kemampuan menghafal Juz Amma kelas V MI Miftahul Huda Sendang Agung Lampung Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen Quasi Eksperimen, bentuk Nonequivalent Control Grup Design. Sampel yang diteliti yaitu seluruh kelas V MI Miftahul Huda Sendang Agung Lampung Tengah yang berjumlah 41 peserta didik. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara test lisan (praktik) menghafal Juz Amma dan dokumentasi. Hasil Penelitian di peroleh dari uji normalitas kelas eksperimen sig = 0,200 dan kelas kontrol = 0,200 dengan nilai a = 0,05, maka dapat dinyatakan “distribusi normal” karena jika sig> a (0,05), (0,200> 0,05) dan (0,200> 0,05). Sedangkan hasil uji homogenitas untuk sig>a (0,05) menunjukan nilai 0,729 yang berarti (0,729> 0,05) jadi data dapat dinyatakan homogeny atau sama. Untuk uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai sig. Sebesar, 0,010 maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam hipotesis jika sig<0,05 (0,010<0,05) maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat diartikan “ Adanya pengaruh yang signifikan dalam penggunaaan metode One Day One Ayat terhadap kemampuan menghafal Juz Amma kelas V MI Miftahul Huda Sendang Agung Lampung Tengah”. Kata kunci: Metode One Day One Ayat (ODOA), Kemampuan Menghafal Juz Amma. iv ABSTRACT The ODOA method is a One Day One Verse memorization strategy which is a techique of memorizing one day one verse starting from short surahs. However, for short verses one day can be more than one verse, and for long verses memorized within two day sor until completely memorized. Memorizing using the One Day One Verse method is a light, precise and fast memorization learning. Meanwhile, memorization comes from the word (حفظ - يحفظ - حفظ (which means to guard. Maintain and protect. As for memorization in the Indonesian Dictionary, memorization means entering into memory or being able to recite outside of memory without seeing other writings or notebooks. The ODOA method is very light, fast and practical in its application, so it will make it easier for teachers to train and teach memorization skills. And children will easily memorize. This research is motivated by the fact that the achievement of students' memorization skills is still low. As for one of the factors that affect the success of a memorization lesson is the application of memorization methods. This study was conducted to determine the One Day One Verse method on the ability to memorize Juz Amma class V MI Miftahul Huda Sendang Agung Central Lampung. This research is a type of Quantitative research using the Quasi Experiment experimental method, the form of Nonequivalent Control Group Design. The sample studied was the entire fifth grade MI Miftahul Huda Sendang Agung Lampung Tengah which amounted to 41 students. Data collection methods were carried out by means of oral tests (practice) memorizing Juz Amma and documentation. Research results obtained from the normality test of the experimental class sig = 0.200 and control class = 0.200 with a valueof a = 0.05, it can be stated "normal distribution" because if sig> a (0.05), (0.200> 0.05) and (0.200> 0.05). While the homogeneity test results for sig>a (0.05) show a value of 0.729 which means (0.729> 0.05) so the data can be declared homogeneous or the same. For hypothesis testing using the t-test, the sig value is obtained. Sebesar, 0.010 then in accordance with the basis for decision making in the hypothesis if sig<0.05 (0.010 <0.05) it can be concluded Ho is rejected and Ha is accepted. This can be interpreted as "There is a significant effect in the use of the One Day One Verse method on the ability to memorize Juz Amma class V MI Miftahul Huda Sendang Agung Central Lampung". Keywords: One Day One Verse (ODOA) Method, Ability to Memorize Juz Amma

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Mar 2023 06:39
Last Modified: 28 Mar 2023 06:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23793

Actions (login required)

View Item View Item