PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS LITERASI DAN NUMERASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI

NUR, AZIZAH (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS LITERASI DAN NUMERASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of Skripsi NUR AZIZAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar e-modul berbasis literasi dan numerasi pada mata pelajaran matematika peserta didik kelas V MI. Pengembangan ini dilakukan atas dasar kebutuhan peserta didik karena terbatasnya bahan ajar yang ada di sekolah.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) menghasilkan bahan ajar berupa e-modul berbasis literasi dan numerasi pada mata pelajaran matematika, (2) Mengetahui kelayakan bahan ajar e-modul berbasis literasi dan numerasi, (3) Mengetahui kelayakan bahan ajar e-modul dalam pembelajaran. Metode dalam penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) berdasarkan pada model ADDIE yang dimodifikasi dalam buku Sugiyono, yang terdiri dari lima tahapan yaitu, analysis, design, development, implementation, dan evaluation.Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik MI Masyariqul Anwar Sukabumi Bandar Lampung dan MI Al-Hikmah Bandar lampung.Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket respon peserta didik dan angket respon pendidik serta angket untuk melihat kemenarikan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar e-modul berbasis literasi dan numerasi pada mata pelajaran matematika. Hasil validasi ahli materi memperoleh presentase rata-rata 92% dengan kategori “Sangat Layak”, hasil validasi 2 ahli bahasa memperoleh presentase rata-rata 94% dengan kategori “Sangat Layak”, dan hasil validasi 2 ahli media memperoleh presentase rata-rata 73% dengan kategori “Layak”. Pemberian angket respon pendidik mendapatkan skor 87% dengan kategori “Sangat Layak” dan pemberian angket respon peserta didik pada uji coba skala besar dan skala kecil mendapatkan hasil presentase rata-rata 87% dengan kategori “Sangat Menarik”. Kata Kunci : Pengembangan, Bahan Ajar, E-modul, Literasi dan Numerasi iv ABSTRACT The background of this research is to develop e-Module teaching materials based on literacy and numeracy in Mathematics lessons for grade V MI students. This development was carried out on the basis of the needs of students due to the limited teaching materials available at school. This research was conducted with the aim of (1) producing teaching materials in the form of e-Modules based on literacy and numeracy in Mathematics subjects, (2) knowing the feasibility of e-Modules teaching materials based on literacy and numeracy, (3) knowing the feasibility of e-Modules teaching materials in lessons. The method in this study uses Research and Development (RnD) based on the modified ADDIE model in Sugiono's book, which consists of five stages, namely, analysis, design, development, implementation, and evaluation. The subjects in this study were students of MI Masyarikul Anwar Sukabumi Bandar Lampung and MI Al-Hikmah Bandar Lampung. The data collection instrument used is a learner response questionnaire, and an educator response questionnaire and a questionnaire to see the attractiveness of the product developed. The results of this study produced products in the form of literacy and numeracy-based e-Module teaching materials in Mathematics subjects. The results of the material expert validation obtained an average percentage of 92% with the category "Very Feasible", the results of the validation of 2 linguists obtained an average percentage of 94% with the category "Very Feasible", and the results of the validation of 2 media experts obtained an average percentage of 73% with the category "Feasible". Giving a questionnaire of educators' responses gets a score of 87% with the category "Very Feasible" and giving a questionnaire of students' responses in one-time large and small-scale trials gets an average percentage of 87% with the category "Very Interesting". Keywords: Development, Teaching Materials, E-Modules, Literacy and Numeracy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Mar 2023 04:29
Last Modified: 28 Mar 2023 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23788

Actions (login required)

View Item View Item