PENERAPAN KOMUNIKASI DAKWAH DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG

AGRETA, DWI PANGESTUTI (2023) PENERAPAN KOMUNIKASI DAKWAH DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (14MB)
[thumbnail of SKRIPSI AGRETA DWI PANGESTUTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Pada saat ini sudah menjadi kenyataan timbulnya kemerosotan nilai akhlak generasi muda atau kalangan pelajar, yang pada prinsipnya adalah karena mereka tidak mengenal agama, tidak diberikan pengertian agama yang cukup, sehingga sikap dan tindakan serta perbuatannya menjadi liar. Seperti yang terjadi di SMP Negeri 26 Bandar Lampung, masih banyak ditemui siswa yang memiliki akhlak yang tidak mencerminkan dirinya sebagai seorang muslim seperti melanggar peraturan sekolah dan bersikap tidak sopan kepada guru. Adanya sikap, tindakan dan perbuatan yang bertentangan dengan nilai-nilai Islam ini bila dibiarkan terus menerus, maka tak ayal lagi kalau generasi mendatang akan diliputi kegelapan dan hancurnya tatanan peri kehidupan umat manusia. Urgensi dakwah dalam pendidikan dibutuhkan bagi para remaja khususnya bidang studi Pendidikan Agama Islam dibutuhkan bagi para remaja khususnya siswa agar mereka tidak terjerumus pada hal negatif. Karena dakwah yang bernilai pendidikan bertujuan untuk mengembangkan kepribadian sehat yang dimiliki manusia secara utuh dan menyeluruh melalui bimbingan dan pengajaran. Dengan adanya penerapan komunikasi dakwah dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 26 Bandar Lampung, diharapkan mampu menjadi alternatif agar materi yang disampaikan mudah dipahami oleh siswa sehingga tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam dalam memperbaiki akhlak dan moral dapat tercapai. Dari pemecahan masalah tersebut, maka perlu ada penerapan komunikasi dakwah di sekolah terutama pada bidang studi Pendidikan Agama Islam untuk mengarahkan siswa-siswinya kepada hal-hal yang baik, mengarahkan siswanya untuk lebih mengetahui anjuran agama Islam yang sebenarnya dan memudahkan murid-murid untuk menyeimbangkan perilakunya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana dan tujuan penerapan komunikasi dakwah dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 26 Bandar Lampung. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data adalah iii menggunakan kualiatif deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu diantaranya metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah dilakukan penelitian, didapati data bahwa dalam penerapan komunikasi dakwah dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 26 Bandar Lampung guru menggunakan metode dakwah bil lisan dengan cara berceramah baik menggunakan satu arah maupun dua arah, metode dakwah bil hal melalui keteladanan dari seorang guru dengan menjadikan dirinya seorang panutan, dan metode dakwah mau’idzah al hasanah dengan cara memberikan nasehat, motivasi dan dorongan kepada para siswanya yang berpedoman pada nilai-nilai agama Islam. Serta menggunakan media dakwah audio visual berupa video pendek. Hal ini dilakukan guru untuk mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa. Tujuan dari penerapan komunikasi dakwah dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 26 Bandar Lampung adalah agar materi dakwah yang disampaikan mudah dipahami dan dicerna oleh siswa sehingga tujuan dari pembelajaran pendidikan agama Islam untuk memperbaiki ahlak dan moral bisa tercapai serta untuk mengajak siswa menerapkan isi materi dakwah yang disampaikan oleh guru. Jadi siswa tidak hanya sekedar paham akan pesan dakwah yang disampaikan tetapi siswa juga menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kata kunci: penerapan, komunikasi dakwah, pendidikan agama Islam iv ABSTRACT At this time it has become a reality of the degradation of the moral values of the young generation or among students, which in principle is because they do not know religion, are not given sufficient understanding of religion, so that their attitudes and actions and actions become wild. As was the case in SMP Negeri 26 Bandar Lampung, there are still many students who have a morality that does not reflect themselves as a Muslim, such as violating school rules and behaving disrespectfully to teachers. There are attitudes, actions and acts that are contrary to these Islamic values if they are left continuously, then it is no longer possible that future generations will be covered by darkness and the destruction of the fairy-life order of mankind. Urgent teaching in education is needed for young people, especially in the field of Islamic Religious Education studies is necessary for adolescents, especially students, so that they do not get caught up in negative things. Because the valuable teaching of education aims to develop the healthy personality that man possesses integrally and thoroughly through guidance and teaching. With the existence of application of communication in Islamic religious education subjects in the State High School of Education in 26 Bandar Lampung, it is expected to be able to be an alternative so that the materials submitted are easily understood by students so the purpose of learning Islamic religion education in improving morality and morality can be achieved. From the resolution of the problem, then there needs to be the application of communication in the school, especially in the field of study of Islamic Religion Education to direct its students to good things, direct its pupils to better know the true religion of Islam and facilitate students to balance their behavior. The purpose of this study is to describe how and the purpose of the application of Da'wah communication in Islamic education subjects in SMP Negeri 26 Bandar Lampung. The method used to obtain data is to use descriptive qualiative. In collecting data researchers use several techniques, including observation methods, interviews and documentation. v After the research, it was found that the data in the application of Da'wah communication in Islamic education subjects in SMP Negeri 26 Bandar Lampung teachers use the method of oral bil da'wah by lecturing either using one direction or two directions, the method of Da'wah bil hal through the example of a teacher by making himself a role model, and the method of Da'wah Mau'idzah al hasanah by giving advice, motivation and encouragement to students who are guided by Islamic values. As well as using audio visual propaganda media in the form of short videos. This is done by teachers to streamline communication and interaction between teachers and students. The purpose of the application of Da'wah communication in Islamic religious education subjects in SMP Negeri 26 Bandar Lampung is so that the DA'wah material submitted is easily understood and digested by students so that the purpose of learning Islamic religious education to improve ahlak and morals can be achieved and to invite students to apply the contents of the DA'wah material submitted by the teacher. So students not only understand the message of Da'wah conveyed but students also apply it in everyday life. Keywords: implementation, da'wah communication, Islamic education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Mar 2023 03:26
Last Modified: 28 Mar 2023 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23781

Actions (login required)

View Item View Item