ANALISIS KOMPARASI PENERAPAN MODEL AIDA (ATTENTION, INTEREST, DESIRE, ACTION) DALAM MEMENUHI PENCAPAIAN TARGET PEMBIAYAAN SEBELUM DAN SEMASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada BPRS Metro Madani KC Jatimulyo)

AMANDA, VERONICA (2023) ANALISIS KOMPARASI PENERAPAN MODEL AIDA (ATTENTION, INTEREST, DESIRE, ACTION) DALAM MEMENUHI PENCAPAIAN TARGET PEMBIAYAAN SEBELUM DAN SEMASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada BPRS Metro Madani KC Jatimulyo). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Amanda Veronica_bismillah fix cetak.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Terjadinya pandemi pada awal tahun 2020 di Indonesia yang menjadikan diberlakukannya sistem PSBB yaitu Pembatasan Sosial Bersekala Besar yang berdampak terhadap sistem sosial maupun ekonomi dimasyarakat indonesia terutama dalam perbankan syariah dalam pemasaran produknya. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menjadikan hampir seluruh kegiatan masyarakat tidak berjalan termasuk pada lembaga keuangan syariah yang menjadikan peneliti tertarik untuk meneliti strategi yang digunakan agar penyaluran pembiayaan terus berjalan ditengah menurunnya kegiatan perbankan. Oleh karena itu peneliti tertarik menganalisis bagaimana strategi Pemasaran model AIDA pada bank Syariah dimasa pandemi Covid- 19 serta adakah perbedaan antara sebelum pandemi covid-19 hingga saat terjadinya pandemi covid- 19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang tidak menggunakan perhitungan secara sistematis dan statistik, melainkan menekankan pada penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai menggunakan cara-cara statistik.Penelitian kualitatif merupakan metode penelitian yang lebih menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah daripada melihat permasalahan untuk penelitian generalisasi. Berdasarkan hasil dari observasi, wawancara dan kuesioner yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan model AIDA yang dilakukan oleh BPRS Metro Madani KC Jatimulyo telah sejalan dengan teori yang dijelaskan oleh Kotler dan Keller. Konsep AIDA merupakan formula yang paling sering digunakan dalam membantu perencanaan periklanan secara menyeluruh. Melalui penggunaan konsep AIDA akan memperjelas konsep perubahan, sikap dan perilaku konsumen dalam kaitannya dengan kerangka tindakan. Kata kunci : Covid-19, Pemasaran, AIDA ABSTRACT The pandemic occurred in early 2020 in Indonesia which led to the enactment of the PSBB system, namely Large-Scale Social Restrictions which had an impact on the social and economic system in Indonesian society, especially in Islamic banking in marketing its products. Large-Scale Social Restrictions (PSBB) prevented almost all community activities, including Islamic financial institutions, which made researchers interested in examining the strategies used so that the distribution of financing continued amidst a decline in banking activities. Therefore, researchers are interested in analyzing the marketing strategy of the AIDA model for Islamic banks during the Covid-19 pandemic and whether there were any differences between before the Covid-19 pandemic and when the Covid-19 pandemic occurred. This research uses qualitative research, namely research that does not use systematic calculations and statistics, but emphasizes research that produces findings that cannot be achieved using statistical methods. Qualitative research is a research method that places more emphasis on aspects of in-depth understanding of a problem rather than looking at problems for generalization research. Based on the results of observations, interviews and questionnaires that have been conducted, it shows that the application of the AIDA model carried out by BPRS Metro Madani KC Jatimulyo is in line with the theory described by Kotler and Keller. The AIDA concept is the most frequently used formula in assisting overall advertising planning. Through the use of the concept of AIDA will clarify the concept of change, attitudes and behavior of consumers in relation to the action framework. Keywords: Covid-19, Marketing, AIDA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:40
Last Modified: 27 Mar 2023 07:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23774

Actions (login required)

View Item View Item