PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK POLIS, WAKAF DAN INVESTASI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Nasabah PT. Sun Life Financial Syariah Cabang Bandar Lampung)

YONGKI, RISMAYUDA (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK POLIS, WAKAF DAN INVESTASI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Nasabah PT. Sun Life Financial Syariah Cabang Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Yongki Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Era globalisasi persaingan bisnis menjadi semakin sangat tajam, perusahaan memerlukan strategi untuk menghadapi persaingan yang saat ini semakin lama semakin ketat. Untuk mengantisipasinya, perusahaan dituntut untuk dapat bekerja dengan baik dengan menggunakan berbagai macam sumber daya yang dimiliki agar dapat diterima konsumen. Salah satu yang perlu diperhatikan perusahaan dalam mencapai keberhasilan adalah kualitas pelayanan. Rumusan masalah ini yaitu, Apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan produk polis, wakaf dan investasi, dan Bagaimana pandangan dalam perspektif ekonomi Islam terhadap hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah dalam menggunakan produk polis, wakaf dan investasi. Serta penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian seberapa berpengaruh dan bagaimana signifikansinya dari variabel – variabel independen tersebut terhadap variabel dependennya serta memahaminya dalam perspektif ekonomi Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode kuantitatif, Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang mana data tersebut diperoleh melalui bantuan instrumen penelitian berupa kuesioner. Kuesioner tersebut dibagikan kepada 55 orang responden dengan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian ini dalam kesimpulan menunjukkan bahwa hasil Uji T variabel kualitas pelayanan berpengaruh posistif signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Dalam perspektif ekonomi islam, memberikan kualitas pelayanan yang baik perusahaan harus memiliki prinsip kejujuran, bertanggung jawab, dapat dipercaya, tidak menipu, melayani dengan khitmah dan juga tidak melupakan akhirat. Dengan adanya kualitas pelayanan yang baik dengan menerapkan 6 prinsip tersebut maka akan dapat memberikan efek bagi perusahaan yaitu kepuasan kepada nasabah. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Produk Polis, Wakaf Dan Investasi ABSTRACT In the era of globalization, business competition is becoming increasingly sharp, companies need strategies to deal with competition which is currently getting tougher and tighter. To anticipate this, companies are required to be able to work well by using various kinds of resources they have so that they can be accepted by consumers. One thing that needs to be considered by the company in achieving success is the quality of service. The formulation of this problem is, Does service quality affect customer satisfaction in using policy, waqf and investment products, and What is the view from an Islamic economic perspective on the relationship between service quality and customer satisfaction in using policy, waqf and investment products. As well as this study aims to test how influential and how significant the independent variables are on the dependent variable and understand them in an Islamic economic perspective. The research method used in this study is a quantitative method. The type of data used in this study is primary data in which the data was obtained through the assistance of a research instrument in the form of a questionnaire. The questionnaire was distributed to 55 respondents using purposive sampling technique. The results of this study in conclusion indicate that the results of the T test variable service quality have a significant positive effect on customer satisfaction. In an Islamic economic perspective, providing good quality service, companies must have the principles of honesty, responsibility, trustworthiness, not cheating, serving khitmah and also not forgetting the hereafter. With good service quality by applying these 6 principles, it will be able to have an effect on the company, namely customer satisfaction. Keywords: Service Quality, Customer Satisfaction, Policy Products, Waqf and Investment

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:13
Last Modified: 27 Mar 2023 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23768

Actions (login required)

View Item View Item