MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @QOOONIT)

M., YUSRIL IHZA AL-FARIZI (2023) MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @QOOONIT). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI M. YUSRIL IHZA AL-FARIZI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Media dakwah merupakan sarana yang digunakan oleh para pendakwah dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah. Seiring dengan perkembangan zaman media dakwah tidak hanya dapat dilakukan secara konvensional, yaitu berdakwah melalui mimbar ke mimbar, berdakwah dalam majelis ta’lim satu ke majelis ta’lim yang lainnya, melainkan pada era digital seperti saat ini media sosial dapat dimanfaatkan sebagai media untuk berdakwah, salah satunya media sosial Instagram. Pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media dakwah lebih mempermudah seorang Da’i untuk menyebar luaskan pesan dakwah yang ia ingin sampaikan kepada para Mad’u-nya. Dengan begitu, pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media dakwah menjadikan dakwah Islam terlihat lebih fleksibel, karena melihat dari fenomena tersebut dakwah Islam mampu mengikuti perkembangan zaman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis, dirumuskan secara rinci, proses verifikasi atau proses pembuktian kembali untuk mencari data yang valid lalu terakhir penarikan kesimpulan. Sampel pada penelitian ini adalah pemilik akun Instagram @qooonit yaitu Farah Qoonita. Temuan dari penilitan ini bahwa dalam pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media dakwah memberikan banyak manfaat. Pemanfaatan media sosial Instagram yang dilakukan oleh Farah Qoonita, yaitu dengan memanfaatkan Instagram sebagai media komunikasi ia kepada para followers-nya untuk menyampaikan pesan�pesan dakwah yang ingin disampaikan melalui konten-konten yang ia buat. Farah Qoonita memanfaatkan berbagai macam fitur yang telah disediakan oleh Instagram untuk mengunggah konten-konten dakwah yang ia buat dan beberapa fitur lain yang ia manfaatkan untuk berinteraksi kepada para followers-nya. Farah Qoonita memanfaatkan Instagram reels dan Instagram feeds untuk mengunggah konten�konten dakwah adapun fitur caption Farah Qoonita manfaatkan untuk iii lebih memperjelas pesan dakwah yang ada pada unggahan konten tersebut, pada setiap unggahan konten-konten terdapat fitur kolom komentar yang Farah Qoonita manfaatkan untuk berinteraksi kepada para followers-nya. Visualisasi yang baik, yaitu dengan memanfaatkan element design grafis yaitu ilustrasi pada setiap konten-konten yang ia buat menjadikan akun Instagram @qooonit unik, berbeda dengan akun media sosial dakwah yang lainnya. Key Word: Media Dakwah, Instagram, Media Sosial

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:00
Last Modified: 27 Mar 2023 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23767

Actions (login required)

View Item View Item