PENGARUH METODE MULTISENSORI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TK NEGERI PEMBINA BUAY PEMACA

Inten, Lora (2023) PENGARUH METODE MULTISENSORI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TK NEGERI PEMBINA BUAY PEMACA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi inten lora 1811070166_.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi ditemukannya kesulitan bagi anak dalam kemampuan membaca permulaan disebabkan oleh berbagai hal antara lain yaitu kejenuhan, keterbatasan daya ingat dan lemahnya konsentrasi. Tidak semua anak memiliki kemampuan dayaingat dan kemampuan konsentrasi yang memadai membaca permulaan akan terasa sebagai beban yang berat bagi anak. Oleh kerena itu pentingnya ada kegiatan membaca permulaan bagi anak usia dini.Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metodel multisensori terhadap kemampuanl membaca permulaanl pada anak di TK Negeri Pembina Kecamatan Buay Pemaca Kabupaten Oku Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas B di TK Pembina Buay Pemaca oku selatan dengan jumlah keseluruhan 15 anak. Karena data yang diperoleh peneliti kurang dari 25 sampel penelitian, maka peneliti menggunakan analisis data dengan statistik non parametric. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor membaca permulaan pada kelompok perlakuan sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Perbedaan rata-rata yang menunjukkan terjadinya peningkatan skor kemampuan membaca permulaan pada kelompok perlakuan yaitu pada pretest 28.40 dan posttest meningkat menjadi 42,27. Dari hasil perhitungan ternyata nilai t test yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 9,518. Berdasarkan nilai tabel dengan taraf signifikan 5% = N-1 = (15-1)= 14 adalah 2, 145. Hasil ini menunjukkan bahwa nilai ttest yang diperoleh dalam penelitian ini adalah lebih besar dari pada nilai table artinya Hipotetis Nol (Ho) ditolak dan Hipotetis Alternatif (Ha) diterima. Maka simpulannya ada pengaruh metode multisensory terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia dini di TK negeri pembina buay pemaca tahun pelajaran 2022/2021 Kata Kunci: Metodel multisensori, Kemampuanl membaca permulaanl iii iv ABSTRACT This research was motivated by the discovery of difficulties for children in beginning reading skills caused by various things, including boredom, limited memory and weak concentration. Therefore, not all children have adequate memory and concentration abilities. Beginning reading will be felt as a heavy burden for children. Therefore, it is important to have early reading activities for early childhood. The purpose of this study was to determine the effect of the multisensory method on initial reading skills in children at Pembina State Kindergarten, Buay Pemaca District, South Oku Regency. The type of research used is a type of quantitative research. The method used in this research is the experimental method. The population in this study were all class B children at Pembina Buay Pemaca Oku Selatan Kindergarten with a total of 15 children. Because the data obtained by researchers was less than 25 research samples, the researchers used data analysis with non-parametric statistics. The results showed that there was a difference in the average initial reading score in the treatment group before and after being given treatment. The mean difference that showed an increase in the initial reading ability score in the treatment group was 28.40 in the pretest and 42.27 in the posttest. From the calculation results it turns out that the t test value obtained in this study is 9.518. Based on the table value with a significant level of 5% = N-1 = (15-1) = 14 is 2.145. These results indicate that the ttest value obtained in this study is greater than the table value means that the Zero Hypothesis (Ho) is rejected and the Alternative Hypothesis (Ha) is accepted, then it can be concluded that there is an influence of the multisensory method on early childhood reading skills in Pembina Buay Pemaca State Kindergarten for the 2022/2023 Academic Year Keywords: Multisensory method, Initial reading ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:38
Last Modified: 27 Mar 2023 06:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23761

Actions (login required)

View Item View Item