PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KENYAMANAN KONSUMEN DITINJAU DARI PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Pengunjung Mall Boemi Kedaton)

DUAN, RONALDI (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KENYAMANAN KONSUMEN DITINJAU DARI PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Pengunjung Mall Boemi Kedaton). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DUAN RONALDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kualitas dalam pelayanan dan fasilitas sangat diperhitungkan oleh sebagian besar masyarakat, dimana hal ini dapat menjadi tolak ukur bagi tingkat kenyamanan mereka dalam berbelanja di mall.pemelitian ini dilatar belakangi karena masih kurang fasilatas serta meningkatnya pengujung Mall. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, 1) Apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kenyamanan konsumen? 2) Apakah fasilitas berpengaruh terhadap kenyamanan konsumen? 3) Bagaimana pandangan dalam perspektif bisnis Islam terhadap Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap kenyamanan konsumen? Serta, penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian seberapa berpengaruh dan bagaimana signifikansinya dari variabel – variabel independen tersebut terhadap variabel dependennya serta memahaminya dalam perspektif bisnis Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode kuantitatif, Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang mana data tersebut diperoleh melalui bantuan instrumen penelitian berupa kuesioner. Kuesioner tersebut dibagikan kepada 100 orang responden dengan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kenyamanan konsumen, hal ini dilihat dari signifikansi kualitas pelayanan sebesar 0,009 < 0,005 dan dapat juga dilihat dari thitung sebesar 2,669 > 1,984. Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kenyamanan konsumen, hal ini dilihat dari signifikansi fasilitas sebesar 0,000 < 0,005 dan dapat juga dilihat dari thitung sebesar 4,621 > 1,984. Hasil pengamatan dalam perspektif bisnis Islam mengenai kualitas pelayanan dan fasilitas telah terlaksanakan dengan baik sesuai dengan nilai – nilai syariah meskipun belum secara maksimal. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kenyamanan Konsumen ABSTRACT . The quality of services and facilities is taken into account by most people, where this can be a benchmark for their level of comfort in shopping at the mall. This research is motivated by the lack of facilities and the increasing number of visitors to the mall. The formulation of the problem in this study is, 1) Does service quality affect consumer comfort? 2) Does the facility affect consumer comfort? 3) What is the view from an Islamic business perspective on the quality of services and facilities for consumer convenience? Also, this study aims to test how influential and how significant the independent variables are to the dependent variable and understand them in an Islamic business perspective The research method used in this study is a quantitative method. The type of data used in this study is primary data in which the data was obtained through the assistance of a research instrument in the form of a questionnaire. The questionnaire was distributed to 100 respondents using purposive sampling technique The results showed that: Service quality has a positive and significant effect on consumer comfort, this can be seen from the significance of service quality of 0.009 <0.005 and can also be seen from tcount of 2.669 > 1.984. Facilities have a positive and significant effect on consumer comfort, this can be seen from the significance of the facilities of 0.000 <0.005 and can also be seen from the tcount of 4.621 > 1.984. The results of observations from an Islamic business perspective regarding the quality of services and facilities have been carried out properly in accordance with sharia values, although not optimally Keywords : Service Quality, Facilities, Consumer Convenience

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:35
Last Modified: 27 Mar 2023 06:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23760

Actions (login required)

View Item View Item