ANALISIS STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN PENGIRIMAN BARANG DAN JASA DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada PT. JNE Express Cabang Utama Kota Bandar Lampung)

Azhar, Harry (2017) ANALISIS STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN PENGIRIMAN BARANG DAN JASA DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada PT. JNE Express Cabang Utama Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RadenIntan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (19MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT JNEExpress merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman barang di Indonesia, tidak hanya melayani pengiriman barang dalam negeri, PT JNEExpess juga menyediakan jasa pengiriman barang ke luar negeri. Jaringan PT JNEExpressyang luas dan layanan yang profesional telah membantu dalam pendistribusian produk dan meningkatkan daya saing dalam pemasaran.Masing-masing perusahaan jasa pengiriman barang mempunyai strategi khusus dalam menjaring pasar mereka, serta bersaing untuk mendapatkan pelanggan dengan strategi pemasaran yang berbeda-beda, strategi dan penentuan marketing mix yang tepat akan mempermudah perusahaan untukmenciptakan, membangun dan mempertahankan kegiatan pemasaran produk dan jasa secara lebih baik.. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut, yaitu: bagaimana strategi marketing mix yang diterapkan PT. JNE Express Cabang Bandar Lampung dalam meningkatkan penjualan produk? Kedua apakah marketing mix yang diterapkan pada PT. JNE Express Cabang Bandar Lampung sesuai dengan Etika Bisnis Islam?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi marketing mix yang diterapkan PT. JNE Express Cabang Bandar Lampung dan untuk mengetahui apakah penerapan strategi marketing mix PT. JNE Cabang Bandar Lampung sesuai dengan Etika Bisnis Islam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif dengan model deduksi, dikumpulkan melalui wawancara dengan metode wawancara terstruktur dan tidak terstruktur selain itu metode pengumpulan data dengan melalui observasi dan dokumentasi.Pengolahan data dilakukan melalui editing, organizing dan analizing, dan metode analisa pada penelitian ini adalah deskrptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian strategi marketing mix (bauran pemasaran) 7P yang dilakukan oleh PT.JNE Express Cabang Bandar Lampung menggunakan strategi yaitu pada produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik dan proses.Strategi produk ditunjukan dengan adannya produk unggulan yaitu produk jasa Yakin Esok Sampai (YES), Regular dan Ongkos Kirim Ekonomis (OKE) sesuai dengan kebutuhan pelanggan JNE Express mempunyai 14 produk jasa, strategi harga berdasarkan jarak dan berat paket yang dikirim, strategi tempat memperluas jaringan kerjasama melalui bisnis waralaba, strategi promosi berkaitan denganpublic relations, periklanan dan internet online marketing, strategi orang (SDM pada karyawan) melakukan program-program pemberdayaan, pelatihan dan memberiakan hak-hak perkerja berupa materil dan in-materil, startegi bukti fisik mencangkup pelayanan dan informasi komunikasi yang baik dan strategi proses terdapat pelayanan contact service yang berorientasi pada teknologi yang cepat dan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: PERPUSTAKAAN PUSAT UIN RIL
Date Deposited: 22 Nov 2017 01:42
Last Modified: 22 Nov 2017 01:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2376

Actions (login required)

View Item View Item