STRATEGI PUBLIC RELATIONS PENYELENGGARA FESTIVAL FILM ISLAMI LAMPUNG 2021 DALAM MENARIK SPONSORSHIP

CINDI, OKTIYANI PRATAMA (2023) STRATEGI PUBLIC RELATIONS PENYELENGGARA FESTIVAL FILM ISLAMI LAMPUNG 2021 DALAM MENARIK SPONSORSHIP. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi merupakan perencanaan yang disusun jangka panjang dan diperlukan oleh seorang Public Relations dalam menarik Sponsorship yang akan diajak bekerja sama dalam sebuah acara kompetisi ataupun acara-acara tertentu. Suksesnya Public Relations dalam mengajak Sponsorship tentu harus melakukan Riset terlebih dahulu untuk mengetahui pasar yang sedang berkembang di bidang apa, sehingga akan menguntungkan kedua belah pihak. Dalam penelitian ini peneliti ingin melakukan penelitian dibidang Strategi Public Relations yang dibagi menjadi dua sub bab pembahasan. Adapun pembahasan-pembahasan yang akan dibahas dalam skripsi ini adalah penerapan strategi fact finding, planning, communications, evaluations oleh public relations pada Penyelenggara Festival Film Islami Lampung 2021 dan faktor pendukung serta penghambat Public Relations Penyelenggara Festival Film Islami Lampung 2021 dalam Menarik Sponsorship. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research atau penelitian Lapangan. Prosedur pengumpulan data untuk mendukung penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian dalam penelitian ini melibatkan pihak-pihak terkait seperti Ketua, Bendahara dan beberapa anggota panitia Dana dan Usaha Penyelenggara Festival Film Islami Lampung 2021 serta pihak Sponsorship sebagai data tambahan untuk menunjang dalam penelitian ini. Hasil penelitian didapatkan Strategi public relations Penyelenggara Festival Film Islami Lampung 2021 dalam menarik sponsorship menggunakan beberapa tahapan diantaranya: proses pemantauan serta penyelidikan terlebih dahulu sebelum bertindak kemudian perlunya proses perencanaan agar sponsorship mau bergabung dengan pihak penyelenggara, adanya program kerja yang sejalan dengan perencanaan yang sudah dibuat sebelumnya, dan adanya tahap evaluasi atau penilaian didasari dari pelaksanaan program kerja pada saat terjun ke lapangan. Dengan hal-hal struktur diatas maka Strategi public relations dalam menarik sponsorship akan berpeluang besar dalam keberhasilan. Kemudian adanya faktor Public iii Relations Penyelenggara Festival Film Islami Lampung 2021 dalam Menarik Sponsorship diantaranya faktor pendukung dan penghambat tentu sudah biasa dalam setiap pelaksanaan, dalam hal ini faktor pendukung yang ada dalam Strategi Komunikasi Publik Relations Penyelenggara Festival Film Islami Lampung 2021 adanya desain proposal dana untuk diberikan kepada calon sponsorship, feedback yang diberikan kepada sponsorship, menjelaskan keuntungan yang di dapat sponsorship serta adanya relasi di perusahaan atau instansi yang akan menjadi sponsorship. Adapun faktor penghambatnya adalah kebijakan pada perusahaan atau instansi yang menjadi calon sponsorship, kurangnya panitia dana dan usaha yang berkontribusi terjun ke lapangan dan adanya virus covid 19. Jadi kesimpulan yang peneliti dapatkan dalam proses penelitian ini adalah sebagai seorang public relations pentingnya melakukan pemantauan serta peyelidikan sebelum terjun langsung ke lapangan serta tidak lupa diikuti dengan strategi perencanaan yang matang dan terkonsep guna menunjang kinerja dalam mempengaruhi sponsorship untuk mau bergabung di dalam acara, tidak lupa juga kita harus memperluas koneksi untuk mempermudah dalam proses berkomunikasi dengan pihak sponsorship. Kata Kunci: Strategi, Public Relations, Sponsorship, dan Festival Film Islami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:22
Last Modified: 27 Mar 2023 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23754

Actions (login required)

View Item View Item