PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTU VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI PURBA SAKTI LAMPUNG UTARA

KIKI, HARIANI (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTU VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI PURBA SAKTI LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL KIKI HARIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar merupakan salah satu instrument penting dalam pendidikan. Belajar melibatkan proses mental, menyentuh perasaan, mengalami dan proses berfikir yang aktif. Dalam prosesnya, ketika individu belajar maka ia akan merasakan perubahan perilaku dan menampilkan hasil sebagai tolak ukut bahwa mampu memahami pelajaran yang diterimanya. Diketahui peserta didik kelas V SD Negeri Purba Sakti Lampung Utara yang berjumlah 20 siswa pada mata pelajaran IPA hanya 9 (47,05%) siswa yang mendapat nilai sama dan diatas KKM sedangkan 11 siswa atau (52,94%) lainnya mendapatkan nilai dibawah KKM. Masalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar dikarenakan pada saat proses pembelajaran IPA dikelas lebih didominasi oleh guru. Guru sudah menggunakan pembelajaran namun seperti model Student Teams Achievement , PBL dan model konvensional tetapi pada saat dilakukan observasi pra penelitian hasil belajar peserta didik masih banyak rendah. Dengan ini rumusan persoalan pada kajian ini yakni apakah ada peningkatan yang signifikan model Project Based Learning bernatuan multimedia interaktif pada hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Purba Sakti Lampung Utara. Penelitian Ini dilakuakan dalam semester genap tahun ajaran 2022/2023 di kelas V SD Negeri Purba Sakti Lampung Utara. Hasil Belajar IPA yang diamati dalam penelitian ini meliputi, mengklasifikasi, memecahkan, menyimpulkan, membandingkan, mengumpulkan, menjelaskan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Purba Sakti Lampung Utara yang berjumlah 20 peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus, yang terdiri dari 4 tahapan utama yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantu video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA kelas V SD Negeri Purba Sakti Lampung Utara. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar IPA peserta didik mengalami peningkatan. Dari 20 peserta iii didik pada pra siklus atau sebelum dilaksanakan Model Project Based Learning (Pjbl) Berbantu video pembelajaran presentase hasil belajar yang didapat untuk peserta didik tuntas adalah 52,94% sedangkan yang tidak mencapai ketuntasan adalah 47,06%. Tetapi setelah dilaksanakan atau diterapkan model Model Project Based Learning (Pjbl) Berbantu video pembelajaran terdapat peningkatan yang cukup baik dimana pada siklus I presentase hasil belajar peserta didik yang tuntas adalah 69,85% dan peserta didik yang belum tuntas 30,15%, kemudian dilanjutkan siklus II karena pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan dimana presentase hasil belajar siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 96,02% sedangkan peserta didik yang belum tuntas sebanyak 03,78%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan ini mengalami peningkatan hasil belajar IPA pada peserta didik dan dinyatakan penelitian tindakan ini berhasil. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Project Based Learning (PjBL) Berbantu Video Pembelajaran, dan IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:10
Last Modified: 27 Mar 2023 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23752

Actions (login required)

View Item View Item