PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDS ISLAM AL- FURQON PANARAGAN JAYA

ELSA, FEBRITA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDS ISLAM AL- FURQON PANARAGAN JAYA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ELSA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil prapenelitian proses pembelajaran yang terjadi masih kurang bervariasi dan tidak memanfaatkan media pembelajaran dengan baik, Pembelajaran belum menggunakan model pembelajaran Word Square, proses belajar mengajar masih menggunakan model pembelajaran Direct instructions sehingga pembelajaran masih cenderung berpusat pada guru yang hanya terjadi interaksi satu arah. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pada penggunaan model pembelajaran Word Square berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPA kelas IV di SDS Islam Al- Fuqon Panaragan jaya. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, jenis ekperimen yang digunakan adalah Quasy Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik klas IV di SDS Islam Al-Furqon Panaragan Jaya yang berjumlah 23 peserta didik dikelas A dan 21 peserta didik di kelas B. teknik pengamilan data paa penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan test objektif dan dokumentasi, setelah data objektif dikumpulkan kemudian dilakukan pengolahan dengan menggunakan analisis data statistik dengan menggunakan uji –t. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunaka model pembelajaran Word Square berbantun media gambar mencapai 80,60 sedangkan nilai rata-rata yang didapat pada kelas control menggunkan model pembelajaran Direct instruction mecapai rata-rata 76,88. Kemudian berdasarkan hasil analisis mencapai taraf 5% dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Word Square berbantuan media gambar berpengruh terhadap hasil belajar IPA di SDs Islam Al-Furqon Panaragan Jaya. Kata kunci: Model pembelajaran Word Square,Media Gambar, Hasil belajar IPA iii ABSTRACT Based on the results of pre-research, the learning process that occurs is still less varied and does not utilize learning media properly, learning has not used the Word Square learning model, the teaching and learning process still uses the Direct instructions learning model so that learning still tends to be teacher-centered which only occurs one-way interaction. The formulation of the problem contained in this study is whether there is an effect on the use of the Word Square learning model assisted by image media on the learning outcomes of grade IV science at SDS Islam Al- Fuqon Panaragan jaya. The type of research used in this research is experimental research with a quantitative approach, the type of experiment used is Quasy Experimental. The population in this study were class IV students at SDS Islam Al-Furqon Panaragan Jaya, totaling 23 students in class A and 21 students in class B. The data collection technique in this study used Random Sampling technique. Data collection is done by objective tests and documentation, after the objective data is collected then processed using statistical data analysis using the t-test. Based on the results of the study, the average learning outcomes of students who used the Word Square learning model with image media reached 80.60 while the average value obtained in the control class using the Direct instruction learning model reached an average of 76.88. Then based on the results of the analysis reaching the 5% level, it can be concluded that the Word Square learning model assisted by image media has an effect on science learning outcomes at Al-Furqon Islamic Elementary School Panaragan Jaya. Keywords: Word Square learning model, Image Media, Science learning outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Mar 2023 02:50
Last Modified: 27 Mar 2023 02:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23749

Actions (login required)

View Item View Item