PERAN BADAN KOMUNIKASI PEMUDA REMAJA MASJID INDONESIA (BKPRMI) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS SOSIAL KEAGAMAAN REMAJA (Studi Di Desa Braja Asri Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur)

ANITA, FEBRI YANTI (2023) PERAN BADAN KOMUNIKASI PEMUDA REMAJA MASJID INDONESIA (BKPRMI) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS SOSIAL KEAGAMAAN REMAJA (Studi Di Desa Braja Asri Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Braja Asri merupakan gerakan dakwah Pemuda Remaja Masjid yang menghimpun dan sebagai wadah komunikasi untuk pengembangan dakwah sebagai sebuah sistem gerakan dalam pemberdayaan umat Islam khususnya remaja masjid yang melakukan perbuatan menyimpang dan kenakalan remaja menjadi salah satu problem yang senantiasa muncul di tengah-tengah masyarakat. Sehingga BKPRMI Braja Asri berupaya meningkatkan aktivitas sosial keagamaan dengan berbagai program kegiatan yang dilaksanakan secara berkelanjutan agar dapat menghasilkan generasi remaja masjid sebagai insan yang mempunyai kepedulian sosial, kreatifitas, sikap kepemimpinan, dan pemahaman dibidang religiusitas, dan dedikasi bagi masyarakat sekitar. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana peran BKPRMI Braja Asri serta faktor pendukung dan penghambat BKPRMI dalam meningkatkan aktivitas sosial keagamaan remaja. Metode penelitian field reaserch dengan menggunakan pendekatan sosiologi. Pemilihan informan meliputi informan kunci, utama dan tambahan serta tempat penelitian di Desa Braja Asri Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa BKPRMI berperan sangat penting dalam membina akhlak generasi muda dalam upaya meningkatkan aktivitas sosial keagamaan remaja masjid dengan melakukan pengkaderan sebagai wujud estafet penerus BKPRMI Braja Asri, melaksanakan aktivitas keagamaan seperti pengajian bulanan RISMA, Kajian Islam Remaja (KAISAR), menyongsong ramadhan, takbir keliling dan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI). Selain dari aktivitas keagamaan yang diprogramkan BKPRMI Braja Asri melakukan aktivitas sosial dengan cara melakukan galang dana dan bakti sosial, pelatihan leadership, olahraga bersama dan berbagi ta’jil pada bulan ramadhan. Faktor penghambat Peran BKPRMI Dalam Meningkatkan Aktivitas Sosial Keagamaan Remaja adalah kesadaran diri sumber pendanaan, kesibukan masing-masing pengurus, lingkungan keluarga yang kurang mendukung, pengaruh lingkungan masyarakat misalnya teman sebaya. Sedangkan untuk faktor pendukung seperti adanya motivasi dan dukungan dari masyarakat dan lembaga desa. Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi pembacanya serta menjadikan penelitian ini sebagai bahan rujukan bagi peneliti selanjutnya. Kata Kunci: Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dan Aktivitas Sosial Keagamaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Mar 2023 02:43
Last Modified: 27 Mar 2023 02:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23747

Actions (login required)

View Item View Item