PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA VIDEO TERHADAP KECERDASAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI PURBASAKTI LAMPUNG UTARA

Dwi, Astuti (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA VIDEO TERHADAP KECERDASAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI PURBASAKTI LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DWI ASTUTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi pada masalah yang ditemukan di kelas IV SDN Purbasakti yaitu masih terdapat kecerdasan sosial siswa yang rendah. Rendahnya kecerdasan sosial siswa dapat terlihat dari hasil observasi di kelas IV SDN Purbasakti dimana terdapat siswa yang cenderung pasif dan lebih tertutup, sehingga pada saat proses pembelajaran berlangsung terdapat siswa yang hanya diam mendengarkan tanpa mau bertanya terhadap pelajaran yang ia tidak mengerti, kurangnya kerja sama dalam tim atau kelompok, kurang mendiskusikan suatu permasalahan dalam pembelajaran. Dengan ini tujuan persoalan pada penelitian ini yakni untuk mengetahuai pengaruh signifikan model Problem Based Learning bantuan media video pada kecerdasan sosial peserta didik kelas IV SDN Purbasakti. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen yaitu Quasi Experimen dengan desain penelitian bentuk Pre-Test and Post Test Control Group Design. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan teknik Purposive Sampling, kelas IV A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas IV B sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan model Problem Based Learning berbantu media video terhadap kecerdasan sosial peserta didik kelas IV SDN Purbasakti. Pada pretest kelas eksperimen skor minimal yang dimiliki responden adalah 40 dan skor tinggi adalah 66 dengan jumlah rata-rata 56.35. Sedangkan pada pretest kelas kontrol dengan skor minimal 44 dan skot tinggi adalah 62 dengan jumlah rata-rata 54.44. Kemudian pada posttest eksperimen skor minimal yang dimiliki responden adalah 71 dan yang tertinggi 85 dengan jumlah rata-rata 77.42. Sedangkan pada posttest kontrol skor minimalnya 53 dan skor yang tertinggi 71 dengan jumlah rata-rata 60.13. Dapat dilihat bahwa kecerdasan sosial peserta didik lebih meningkat dari sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Akan tetapi peningkatan kecerdasan sosial peserta didik di kelas kontrol tidak sebanyak peningkatan kecerdasan sosial peserta didik di kelas eksperimen yaitu kelas yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil uji-t dari data kuesioner kedua kelas menunjukkan hasil yaitu nilai signifikansi harus lebih bawah dari 0.05 yaitu 0.000 < 0.05 maka iii hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hipotesis menunjukkan bahwa kecerdasan sosial peserta didik mengalami peningkatan atau dikategorikan baik dan terdapat perbedaan secara signifikan sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Video Pembelajaran, Kecerdasan Sosial iv ABSTRACT This research is motivated by a problem found in class IV at SDN Purbasakti, namely that there are still low social intelligence students. The low social intelligence of students can be seen from the results of observations in class IV at SDN Purbasakti where there are students who tend to be passive and more introverted, so that during the learning process there are students who just listen silently without wanting to ask questions about lessons they don't understand, lack of cooperation in team or group, less discussing a problem in learning. With this the aim of the problem in this study is to find out the significant effect of the Problem Based Learning model with the help of video media on the social intelligence of fourth grade students at SDN Purbasakti. This type of research is a quantitative experiment, namely Quasi Experiment with a research design in the form of Pre-Test and Post Test Control Group Design. The determination of the experimental class and control class used purposive sampling technique, class IV A as the experimental class used the Problem Based Learning model and class IV B as the control class used the Problem Solving learning model. Data collection techniques using a questionnaire. The purpose of this study was to determine the significant effect of the Problem Based Learning model assisted by video media on the social intelligence of fourth grade students at SDN Purbasakti. In the experimental class pretest the minimum score of the respondents was 40 and the high score was 66 with an average number of 56.35. Whereas in the control class pretest with a minimum score of 44 and high score is 62 with an average number of 54.44. Then in the experimental posttest the minimum score that the respondent has is 71 and the highest is 85 with an average number of 77.42. Whereas in the control posttest the minimum score is 53 and the highest score is 71 with an average total of 60.13. It can be seen that the social intelligence of students has increased more than before being given treatment and after being given treatment. However, the increase in the social intelligence of students in the control class was not as much v as the increase in the social intelligence of students in the experimental class, namely the class that was given treatment using the Problem Based Learning learning model. The results of the t-test from the questionnaire data for both classes show that the significance value must be lower than 0.05, namely 0.000 <0.05, so the hypothesis is accepted. So it can be concluded that based on the hypothesis it shows that the social intelligence of students has increased or is categorized as good and there are significant differences before being given treatment and after being given treatment in the experimental class using the Problem Based Learning learning model and in the control class using the Problem Solving learning model. Keywords: Problem Based Learning Model, Video Learning, Social Intelligence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Mar 2023 02:22
Last Modified: 27 Mar 2023 02:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23744

Actions (login required)

View Item View Item