PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INDONESIA ANAK USIA 4-5 TAHUN BERBASIS VOCABULARY CARD DI TK AL-HANIF TELUK BETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG

NUR, SIHATILA (2023) PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INDONESIA ANAK USIA 4-5 TAHUN BERBASIS VOCABULARY CARD DI TK AL-HANIF TELUK BETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI NUR SIHATILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Vocabulary Card merupakan salah satu media yang mampu meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia anak. Melalui media vocabulary card dapat membantu guru agar membangun kosa kata, kesadaran, dan mengembangkan pengenalan huruf. Berbicara mengenai penggunaan media vocabulary card, hal ini dikarenakan kurangnya kemampuan anak dalam menyebutkan kata-kata yang dikenal, mengulang kalimat sederhana serta menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah didengar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media vocabulary card dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Indonesia anak usia 4-5 tahun di TK Al-Hanif Teluk Betung Barat. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu 1 guru dan 20 peserta didik dikelas A sedangkan objek penelitian ini terdiri dari masalah yang diteliti yaitu meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Indonesia anak melalui media vocabulary card. Adapun cara pengumpulan data yang digunakan adalah: metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan tekhink analisis reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penggunaan media vocabulary card di TK Al-Hanif Teluk Betung Barat sebagai berikut : (1) guru menentukan tema dan sub-tema, (2) guru mempersiapkan media vocabulary card, (3) guru memperkenalkan gambar, bunyi huruf dan kata kepada anak, (4) guru membagi anak kedalam beberapa kelompok, (5) guru memberikan kegiatan kepada anak, (6) guru melakukan evaluasi dengan mengulas kembali kegiatan yang telah dilaksanakan. Sedangkan dalam tahap pelaksanaanya sebagai berikut : (1) anak mampu mengulang kalimat sederhana, (2) anak mampu menyebutkan kata-kata yang dikenal, (3) anak mampu menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah didengarkan. Kata Kunci: Vocabulary Card, Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia iii ABSTRACT Vocabulary Card is a medium that can improve children's vocabulary mastery of Indonesian. Through the media vocabulary cards can help teachers to build vocabulary, awareness, and develop letter recognition. Talking about the use of vocabulary card media, this is due to the lack of children's ability to say familiar words, repeat simple sentences and retell stories/fairies that have been heard. This study aims to describe the use of vocabulary card media in improving Indonesian vocabulary mastery of children aged 4-5 years at TK Al�Hanif Teluk Betung Barat. This research is a descriptive qualitative research with the subject of research namely 1 teacher and 20 students in class A while the object of this research consists of the problem studied, namely increasing children's Indonesian vocabulary mastery through the medium of vocabulary cards. The data collection methods used are: observation, interview, and documentation with data reduction analysis techniques, data presentation and drawing conclusions. The results of the study show that the use of vocabulary card media in TK Al-Hanif Teluk Betung Barat is as follows: (1) the teacher determines the theme and sub-theme, (2) the teacher prepares the vocabulary card media, (3) the teacher introduces pictures, letter sounds and words to children, (4) the teacher divides children into several groups, (5) the teacher gives activities to children, (6) the teacher evaluates by reviewing the activities that have been carried out. While the implementation stage is as follows: (1) children are able to repeat simple sentences, (2) children are able to mention familiar words, (3) children are able to retell stories/fairy tales that have been heard. Keywords: Vocabulary Card, Mastery of Indonesian Vocabulary

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Mar 2023 06:48
Last Modified: 24 Mar 2023 06:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23737

Actions (login required)

View Item View Item