KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU TENAGA PENDIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG

YAYU, LESTARI (2023) KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU TENAGA PENDIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_YAYU_LESTARI....pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pokok permasalahan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Bagaimana kemampuan kepala sekolah dalam menggerakkan tenaga pendidik di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung, 2) bagaimana kemampuan kepala sekolah dalam mempengaruhi tenaga pendidik di SMK Muhammadiyah 2 bandar lampung, 3) bagaimana kemampuan kepala sekolah dalam memotivasi tenaga pendidik di SMK Muhammadiyah 2 bandar lampung, 4) bagaimana kemampuan kepala sekolah dalam mengarahkan tenaga pendidik di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru pendidik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung yaitu kepala sekolah selalu memberikan pelatihan kepada para guru karena seorang guru haruslah menguasai semua keterampilan mengajar, bukan hanya keterampilan membuka dan menutup pelajaran. Dengan terampil dalam mengajar, maka akan berdampak baik pada semuanya bukan hanya siswa saja tetapi juga kepada guru itu sendiri. Penggunaan media pembelajaran merupakan kebutuhan yang tidak dapat dielakkan dalam rangka menyukseskan program belajar siswa untuk tercapainya perubahan tingkah laku yang diharapkan. Pemakaian media yang tepat dan inofatif akan menciptakan minat belajar siswa, meningkatkan daya ingat, dan menyambungkan pesan secara emosional. kepala sekolah sebagai supervisor bertugas untuk melakukan pengawasan dan pembinaan serta memperhatikan pelaksanaan tugas guru dan pegawai sekolah. Hasil supervisi yang diperoleh untuk memperbaiki cara kerja dan mutu guru-guru, keikutsertaan guru-guru dalam pembinaan dan kemajuan sekolah. Hubungan sekolah dan masyarakat dapat menunjang keberhasilan, iii Diperlukan publikasi dan promosi dalam rangka menarik simpati dan mempublikasikan kelebihan sekolah, mengeratkan hubungan sekolah dengan masyarakat serta meningkatkan akuntabilitas berupa laporan pertanggungjawaban berbagai kegiatan kepada masyarakat. Kedisiplinan guru adalah suatu ketaatan (kepatuhan) guru terhadap tata tertib (aturan) yang berkaitan dengan pelaksanaan tugasnya sebagai tenaga pendidik dalam proses belajar mengajar di sekolah Kata Kunci : Kemampuan Kepala Sekolah, Mutu Tenaga Pendidik iv ABSTRACT Main Issues This study is to find out: 1) What is the ability of school principals to mobilize teaching staff at SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung, 2) What is the ability of school principals to influence teaching staff at SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung, 3) What is the ability of school principals to motivate educators at SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung , 4) what is the ability of the principal in directing teaching staff at SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung This type of research is descriptive qualitative. The informants ability in this study were the head of the madrasa, deputy head of the madrasa and teacher educators. Data collection techniques were carried out using interviews, observation and documentation. The validity test of the data used is source triangulation. The results showed that the principal's ability in improving the quality of teaching staff in SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung , Regency was that the headmaster always gave training to teachers because a teacher must master all teaching skills, not just the skills of opening and closing lessons. Skilled in teaching, it will have a good impact on all not only students but also the teacher itself. The use of instructional media is an inevitable necessity in order to succeed student learning programs for achieving expected behavioral changes. The use of appropriate and innovative media will create student interest in learning, improve memory, and connect messages emotionally. the principal as the supervisor's duty is to carry out supervision and coaching as well as to pay attention to the implementation of the duties of teachers and school staff. Supervision results obtained to improve the workings and quality of teachers, the participation of teachers in school development and progress. School and community relations can support success. Publications and promotions are needed in order to attract sympathy and publicize school strengths, strengthen school relations with the community and increase accountability in the form of accountability reports on various activities to the community. Teacher discipline is an v obedience (obedience) of teachers to the rules (rules) relating to the implementation of their duties as educators in teaching and learning in schools Keywords: Ability of the Principal, Quality of Educators

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Mar 2023 07:47
Last Modified: 21 Mar 2023 07:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23734

Actions (login required)

View Item View Item