PENGARUH PROMOSI, NILAI TAKSIRAN, DAN UJRAH TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK PELAYANAN JASA GADAI EMAS SYARIAH (RAHN) PADA PT. BPRS METRO MADANI

ANANDA, CHANTIKA PUTRI (2023) PENGARUH PROMOSI, NILAI TAKSIRAN, DAN UJRAH TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK PELAYANAN JASA GADAI EMAS SYARIAH (RAHN) PADA PT. BPRS METRO MADANI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab1-2&&dapus.pdf] PDF
Download (17MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Gadai emas syariah menjadi salah satu produk dalam perbankan yang digandrungi masyarakat dalam mengatasi kekurangan modal jangka pendek. Kurangnya ketertarikan minat nasabah ditinjau dari segi pengetahuan, diduga karna faktor minimnya pengetahuan masyarakat atas produk yang ditawarkan serta minimnya promosi yang dilakukan pihak manajemen perusahaan dalam memperkenalkan produk-produk yang dimaksud. Rumusan masalah pada skripsi ini adalah apakah terdapat pengaruh promosi, nilai taksiran dan ujrah terhadap minat nasabah gadai emas syariah di PT. BPRS Metro Madani secara parsial dan simultan, serta bagaimana menurut perspektif islam?. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, nilai taksiran, dan ujrah terhadap minat nasabah dalam menggunakan produk gadai emas syariah (rahn) pada PT. BPRS Metro Madani Kantor Pusat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan oleh peneliti adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini seluruh nasabah gadai emas syariah PT. BPRS Metro Madani yang berjumlah 2450 orang. Penulis menggunakan jenis propability sampling dengan metode yang diambil adalah random sampling dan jumlah sampel sebanyak 97 orang. Dalam menganalisis peneliti menggunakan skala likert dengan menggunakan aplikasi program SPSS 25. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa faktor promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah dengan demikian H1 diterima. Nilai taksiran secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah dengan demikian H2 diterima. Dan ujrah secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah dengan demikian H3 diterima. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa faktor promosi, nilai taksiran, dan ujrah berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dalam menggunakan produk gadai emas syariah (rahn) pada PT. BPRS Metro Madani. Kata Kunci : Promosi, Nilai Taksiran, Ujrah, Minat Nasabah ABSTRACT Islamic gold pawning is one of the products in banking that is loved by the public in overcoming short-term capital shortages. The lack of customer interest in terms of knowledge, allegedly due to the lack of public knowledge of the products offered and the lack of promotion by company management in introducing the products in question. The formulation of the problem in this thesis is whether there is an influence of promotion, estimated value and ujrah on the interest of sharia gold pawn customers at PT. BPRS Metro Madani partially and simultaneously, and how from an Islamic perspective? This thesis aims to determine the effect of promotion, estimated value, and ujrah on customer interest in using sharia gold pawn products (rahn) at PT. BPRS Metro Madani Head Office. This research is a type of field research (field research) using descriptive quantitative methods. The data used by researchers are primary and secondary data. Data collection was carried out by means of interviews, questionnaires, and documentation. The population in this study are all sharia gold pawning customers of PT. BPRS Metro Madani totaling 2450 people. The author uses a type of probability sampling, namely the method taken is random sampling and the number of samples is 97 people. Furthermore, to analyze the researchers used a Likert scale using the SPSS 25 program application. The partial test results show that the promotion factor has a positive and significant effect on customer interest, thus H1 is accepted. The estimated value partially has a positive and significant effect on customer interest, thus H2 is accepted. And ujrah partially has a positive and significant effect on customer interest, thus H3 is accepted. The results of the study simultaneously show that promotion factors, estimated value, and ujrah have a significant effect on customer interest in using sharia gold pawn products (rahn) at PT. BPRS Metro Madani. Keywords: Promotion, Estimated Value, Ujrah, Customer Interest

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Mar 2023 07:06
Last Modified: 21 Mar 2023 07:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23729

Actions (login required)

View Item View Item