NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU KEPEMIMPINAN DAN KETELADANAN UMAR BIN KHATTAB (PEMBELAAN TERHADAP AL- FARUQ) KARYA FARIQ GASIM ANUZ

Dwi, Crismoniyanti (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU KEPEMIMPINAN DAN KETELADANAN UMAR BIN KHATTAB (PEMBELAAN TERHADAP AL- FARUQ) KARYA FARIQ GASIM ANUZ. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan Islam merupakan upaya yang dilakukan seseorang untuk membimbing, membina, mengarahkan peserta didik secara terencana agar sesuai dengan syariat dan ajaran agama Islam. Nilai Dasar Pendidikan Islam dapat diartikan sebagai konsep pendidikan Islam berdasarkan landasan Agama Islam. Nilai-nilai Pendidikan Islam dibagi menjadi tiga yaitu: nilai Pendidikan Aqidah, Ibadah dan Akhlak. Adapun yang menjadi fokus dari penelitian ini yaitu penggunaan buku tentang Kepemimpinan dan Keteladanan Umar bin Khattab sebagai media pembelajaran. Skripsi ini dibuat dengan menggunakan rumusan masalah " apa saja Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam, kisah Umar bin Khattab." Terdapat dalam buku Kepemimpinan dan Keteladanan Umar bin Khattab Pembelaan terhadap Al-Faruq. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi. Kemudian penelitian ini dibangun berdasarkan hubungan korelatif yaitu di bangun dengan menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah buku Umar bin Khattab yang berjudul " Kepemimpinan dan Keteladanan Umar bin Khattab Pembelaan terhadap Al-Faruq" karya Fariq Gasim Anuz. dan data sekunder nya berupa buku�buku yang relevan dengan objek permasalahan yang diteliti. Dari hasil Analisis data terdapat Nilai-nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam Buku Kepemimpin dan Keteladanan Umar bin Khattab Pembelaan terhadap Al-Faruq" karya Fariq Gasim Anuz, yang terbagi menjadi tiga Nilai Pendidikan Islam yaitu Nilai Pendidikan Aqidah meliputi Beriman kepada Allah, Beriman kepada Rasul Allah, Beriman kepada kitab Allah, yaitu Al Qur'an, Nilai Pendidikan Ibadah meliputi Sholat Jihad dan Haji, dan Nilai Pendidikan Akhlak meliputi Muraqobah, musyawarah, Hubungan pemimpin dan yang di pimpin, iii Menegakkan Keadilan, Jujur (Sidiq), Pemimpin yang Amanah, Bertaqwa, Istiqamah dan Tawadhu (Rendah Hati).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Mar 2023 07:02
Last Modified: 21 Mar 2023 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23728

Actions (login required)

View Item View Item