PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI KEGUNAAN TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE BANKING PADA BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) (STUDI PADA NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA BANDAR LAMPUNG)

LIFTI, INDRIYANI (2023) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI KEGUNAAN TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE BANKING PADA BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) (STUDI PADA NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA BANDAR LAMPUNG). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI LIFTI INDRIYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi informasi yang berkembang pesat ini mempengaruhi hampir seluruh aspek kehidupan dan kegiatan manusia. Teknologi mobile banking merupakan salah satu jenis pelayanan yang diberikan Bank Syariah Indonesia kepada nasabahnya agar nasabah dapat melakukan transaksi perbankan kapan saja dan dimana saja setiap saat tanpa harus datang ke bank yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan dalam penggunaan dan persepsi kegunaan terhadap minat nasabah menggunakan layanan mobile banking Bank Syariah Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini dengan menggunakan penyebaran kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Syariah Indonesia Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden. Metode analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, uji normalitas, multikolinieritas, uji hipotesis (uji t dan uji f), kemudian data diolah menggunakan aplikasi SPSS 20 for windows. Dari hasil uji t menunjukkan bahwa variabel persepsi kemudahan dalam penggunaan memiliki nilai thitung sebesar -0,104 < 1,98580 dan nilai signifikansi sebesar 0,918 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak, Thitung > Ttabel atau sebesar 4,663 > 1,98580 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu, kemudahan dalam penggunaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat nasabah dalam menggunakan layanan mobile banking Bank Syariah Indonesia, dan kegunaan berspengaruh signifikan terhadap minat nasabah menggunakan layanan mobile banking Bank Syariah Indonesia, serta secara simultan kemudahan dalam penggunaan dan kegunaan memiliki pengaruh secara simultan terhadap minat nasabah menggunakan layanan mobile banking Bank Syariah Indonesia. Kata kunci : Kemudahan dalam penggunaan, Kegunaan, dan Mobile Banking. ABSTRACT The rapid development of information technology affects almost all aspects of human life and activities. Mobile banking technology is a type of service provided by Bank Syariah Indonesia to its customers so that customers can carry out banking transactions anytime and anywhere at any time without having to come to the bank concerned. This study aims to determine the effect of perceived ease of use and perceived usefulness on customers' interest in using Bank Syariah Indonesia's mobile banking services. The data collection method used in this research is by using questionnaires. The population of this research is all customers of Bank Syariah Indonesia Bandar Lampung. The sample in this study amounted to 96 respondents. Methods of data analysis using multiple linear regression tests, normality tests, multicollinearity, hypothesis testing (t test and f test), then the data is processed using the SPSS 20 application for windows. From the results of the t test indicate that the perceived ease of use variable has a tcount value of -0.104 <1.98580 and a significance value of 0.918 > 0.05, it can be concluded that H0 is accepted and H1 is rejected, Tcount > Ttable or equal to 4.663 > 1.98580 and a significance value of 0.000 <0.05, it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted. The conclusion in this study is that ease of use does not have a significant effect on customer interest in using Bank Syariah Indonesia mobile banking services, and usability has a significant effect on customers' interest in using Bank Syariah Indonesia mobile banking services, and simultaneously ease of use and usability have an influence simultaneously on customers' interest in using Bank Syariah Indonesia's mobile banking services. Keywords: Ease of use, Usability, and Mobile Banking.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:39
Last Modified: 21 Mar 2023 06:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23722

Actions (login required)

View Item View Item