PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTADIDIK KELAS IV DI SD NEGRI 1 MARGOYOSO TANGGAMUS

IBRAHIM, SUNNI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTADIDIK KELAS IV DI SD NEGRI 1 MARGOYOSO TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI Ibrahim Sunni 1811100334.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial disebabkan kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, selain itu disebabkan karena pembelajaran ilmu pengetahuan sosial masih menggunakan teacher centered, sehingga hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini yakni apakah model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas IV di SD Negri 1 Margoyoso Tanggamus?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar Peserta didik mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV di SD Negri 1 Margoyoso Tanggamus. Desain penelitian ini menggunakan Pre-experimental design dengan rancangan one grup pretest-postest dengan menggunakan kelas ekperimen tanpa adanya kelas kontrol. Setelah diberi perlakuan sampel tersebut diberikan tes akhir .Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan tes essay yang sesuai indikator. Penelitian yaitu kelas penelitian 1 dan kelas penelitian 2, ke dua kelas penelitian di berikan tretment yang sama dengan menggunakan model problem based learning. Pengujian hipotesis digunakan teknik uji yaitu one sampel T-test dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa perhitungan hasil penelitian <0,001<0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa (1) terdapat pengaruh terhadap hasil belajar ips peserta didik dengan penerapan model pembelajaran problem based learning (2) Pembelajaran menggunakan PBL terhadap hasil belajar ips dikatagorikan cukup efektif dengan klasifikasi sedang (3) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik anatar tes awal dengan tes akhir setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan Model pembelajaran problem based learning. Kata kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Model Pembelajaran Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Mar 2023 04:42
Last Modified: 21 Mar 2023 04:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23720

Actions (login required)

View Item View Item