IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2018 TENTANG KEKARANTINAAN KESEHATAN PERSPEKTIF SIYASAH TANFIDZIYAH (Studi Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat)

NANDA, FELIA (2023) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2018 TENTANG KEKARANTINAAN KESEHATAN PERSPEKTIF SIYASAH TANFIDZIYAH (Studi Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI NANDA FELIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Karantina kesehatan adalah upaya mencegah dan menangkal keluar atau masuknya penyakit dan/atau faktor risiko kesehatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat.Penyebaran covid-19 telah berdampak pada kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya, dan kesejahteraan masyarakat sehingga dipandang perlu adanya pendekatan dan upaya yang strategis serta komprehensif dari berbagai aspek yaitu kesehatan, sosial, maupun ekonomi untuk memutus mata rantai penularan covid-19. Implementasi Undang-Undang Nomor 6 tahun 2018 dilaksanakan sebagai satu langkah dalam penanganan covid-19. Faktor yang menjadi penyebab terpapar covid-19 adalah aktifitas seharian, mobilitas keluar kota dan terpapar akibat kontak erat. Semakin tinggi aktifitas diluar rumah, terutama mobilitas keluar kota terutama daerah zona merah. Gejala awal yang mengharuskan melakukan karantina kesehatan adalah demam, batuk, rasa lelah,serta hilangnya indra perasa dan penciuman. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi undang-undang nomor 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan di Kabupaten Pesisir Barat. Dan Bagaimana pandangan fiqh siyasah tentang pelaksanaan kekarantinaan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2018 tentang kekerantinaan kesehatan. Dan untuk mengetahui pandangan fiqh siyasah tanfidziyyah tentang pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sifat dalam penelitian deskriptif ini adalah kualitatif. Sumber data ada 2 yaitu data primer dan skunder. Populasi penelitian ini sebanyak 10 (sepuluh ) orang. Metode pengumpulan data yaitu wawancara,observasi dan dokumentasi. Anaisis data yaitu kualitatif dengan pendekatan induktif. Berdasarkan hasil dan kesimpulan dalam penelitian ini mengenai Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat dilakukan melalui karantina wilayah, karantina rumah sakit dan karantina rumah tinggal yang berasaskan perikemanusiaan, manfaat, perlindungan, keadilan, nondiskriminatif, kepentingan umum, keterpaduan, kesadaran hukum dan kedaulatan negara. Sedangkan, menurut pandangan Fiqh Siyasah Tanfizdiyah terhadap Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Karantina sudah sesuai dengan tujuan dari pentingnya kesehatan dalam islam memutus rantai penularan corona dan memulihkan kesehatan masyarakat sebagiamna telah di contohkan pada masa Nabi Muhammad SAW. Kata Kunci: Implementasi, Karantina Kesehatan, Fiqh Siyasah Tandziyah. Kata Kunci: Implementasi, Karantina Kesehatan, Fiqh Siyasah Tandziyah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Mar 2023 03:25
Last Modified: 21 Mar 2023 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23708

Actions (login required)

View Item View Item