PENGARUH PENGGUNAAN MODEL AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IVMIN 3 BANDAR LAMPUNG

MARFEN, Kardi (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IVMIN 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Marfen .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah sosial seperti individual, kurang berkomunikasi secara efektif, rendahnya empati, kurangnya rasa tanggung jawab, kurang bekerjasama dan berinteraksi didalam peserta didik, Maka dari itu peneliti menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran IPS perlunya memakai Model Pembelajaran yang dapat membuat keterampilan sosial peserta didik. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan model Auditory Intellectually Repetition berbantu media video terhadap keterampilan sosial peserta didik pada mata pembelajaran IPS kelas IV di MIN 3 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dan jenis eksperimennya yaitu Intact-Group Comparison Pre-Experiment. Jenis penelitian ini dengan cara yang digunakan adalah menggunakan angket di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 3 Bandar Lampung Pengambilan sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelompok kelas diantaranya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana kelas eksperimen tersebut adalah kelas IV A dan untuk kelas kontrol adalah kelas IV B. Dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat dikatakan bahwa model Auditory Intellectually Repetition dalam perhitungan Uji-t, didapatkan diperoleh nilai sig < 0,05 (5%) pada sig (2-tailed) diperoleh 0,000 < 0,05 (5%). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Auditory Intellectually Repetition Terhadap keterampilana sosial peserta didik pada mata pembelajaran IPS kelas IV di MIN 3 Bandar Lampung, dan pembelajaran ilmu pendidikan sosial melalui model Auditory Intellectually Repetition (AIR) terdapat perubahan keterampilan sosial dari sebelum di beri perlakuan dengan sesudah diberi perlakuan. Kata Kunci: Model Auditory Intellectually Repetition, keterampilan sosial, Ilmu Pengetahuan Sosial. iv ABSTRAK This research is motivated by social problems such as individuals, lack of effective communication, lack of empathy, lack of sense of responsibility, lack of cooperation and interaction within students. Therefore, researchers conclude that in social studies learning it is necessary to use learning models that can make participants' social skills educate. The purpose of this study was to see the effect of using the Auditory Intellectually Repetition model with the help of video media on the social skills of students in the social studies subject for class IV at MIN 3 Bandar Lampung. This research is an experimental quantitative research and the type of experiment is Intact-Group Comparison Pre-Experiment. This type of research with the method used is using a questionnaire in the experimental class and control class. This research was conducted at MIN 3 Bandar Lampung. The sampling in this study consisted of two class groups including the experimental class and the control class. Where the experimental class is class IV A and the control class is class IV B. The data collection technique is using a questionnaire. Based on the results of data analysis, it can be said that the Auditory Intellectually Repetition model in the t-test calculation, obtained the value of sig < 0.05 (5%) on sig (2-tailed) obtained 0.000 < 0.05 (5%). It can be concluded that there is a significant effect of the Auditory Intellectually Repetition model on the social skills of students in class IV social studies subjects at MIN 3 Bandar Lampung, and social education learning through the Auditory Intellectually Repetition (AIR) model there is a change in social skills from before being given treatment. with after being treated. Keywords: Auditory Intellectually Repetition Model, social skills, Social Science

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Mar 2023 03:25
Last Modified: 21 Mar 2023 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23706

Actions (login required)

View Item View Item