IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PERSERTA DIDIK KELAS X DI SMA AL- AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG 2021/2022

Dyah, Permata Sari (2023) IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PERSERTA DIDIK KELAS X DI SMA AL- AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG 2021/2022. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPAI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPAI FULL DYAH PERMATA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sikap percaya diri merupakan suatu hal utama yang harus dimiliki oleh seorang siswadalam belajar juga kehidupan sehari-hari. Karena dengan sikap percaya diri akan ada suatu keyakinan dalam diri individu terhadap segala aspek kelebihan dan kemampuan yang dimilikinya dan dengan keyakinan tersebut membuatnya mampu untuk bisa mencapai berbagai tujuan dalam hidupnya. Mereka yang memiliki perasaan tidak percaya diri akan selalu takut dan ragu untuk melangkah dan bertindak, berpendapat maupun berinteraksi baik dalam lingkungan sosial maupun dalam akedemiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Layanan Konseling Kelompok Mengunakan Teknik Self Talk untuk Meningkatkan Percaya Diri Pada Perserta Didik Kelas X di SMA Al- Azhar 3 Bandar Lampung . Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self talk yang dilakukan oleh guru BK untuk meningkatkan percaya diri peserta didik, untuk mengetahui gambaran guru BK untuk meningkatkan percaya diri peserta didik dan untuk mendapatkan hasil dari pelaksanaan konseling kelompok dengan Teknik self talk yang dilakukan oleh guru BK untuk meningkatkan percaya diri pada peserta didik. Penelitian ini bersifat deskriptif dan termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wavancara, dokumentasi dan observasi. Terdapat 5 peserta didik yang terindeksi percaya diri yang rendah dan perlu ditingkatkan. Prosedur analisis data yang digunakan adalah metode analisis dari ahli data yang disebut model interaktif yang terdiri dari tiga hal utama yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menanjukan bahwa 1) Gambaran Implementasi layanan konseling kelompok dengan teknik self talk yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling di SMA Al- Azhar 3 Bandar Lampung Sepdansudeh berjalan dengan baik. 2) proses implementasi layanan konseling kelompok dengan teknik self talk yang dilakukan oleh guru BK untuk meningkatkan percaya diri sangat bervariasi dengan mengupayakan kerja sama yang baik dengan stakeholder. 3) Evaluasi dan hasil dari implementasi layanan konseling kelompok dengan teknik self talk yaitu peserta didik mampu mencari solusi untuk permasalahan yang sedang dialami, dan peserta didik memiliki keinginan merubah prilakunya yang lebih baik. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Self Talk, Percaya Diri iv ABSTRACT Self-confidence is the main thing that a student must have in learning as well as daily life. Because with a confident attitude there will be a belief in the individual in all aspects of his strengths and abilities and with that belief makes him able to achieve various goals in his life. Those who have feelings of insecurity will always be afraid and hesitant to step up and act, argue and interact both in the social environment and in the academic. This study aims to describe the Implementation of Group Counseling Services Using Self Talk Techniques to Increase Self-Confidence in Class X Students at Al-Azhar 3 High School Bandar Lampung. To find out how the implementation of group counseling services with self-talk techniques carried out by BK teachers to increase student confidence, to find out the picture of BK teachers to increase student confidence and to get results from the implementation of group counseling with self-talk techniques carried out by BK teachers to increase self-confidence in students. This research is descriptive and is included in the type of qualitative research using data collection techniques in the form of wavancara, documentation and observation. There are 5 students who are indexed with low confidence and need to improve. The data analysis procedure used is a method of analysis from data experts called an interactive model which consists of three main things, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions or verification. The results of this study show that 1) An overview of the implementation of group counseling services with self-talk techniques carried out by guidance and counseling teachers at Al-Azhar 3 High School Bandar Lampung Sepdansudeh is going well. 2) the process of implementing group counseling services with self-talk techniques carried out by BK teachers to increase self-confidence varies greatly by striving for good cooperation with stakeholders. 3) Evaluation and results of the implementation of group counseling services with self-talk techniques, namely students are able to find solutions to the problems they are experiencing, and students have a desire to change their behavior better. Keywords: Group Counseling, Self Talk, Confident

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Mar 2023 02:58
Last Modified: 21 Mar 2023 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23700

Actions (login required)

View Item View Item