HUKUM ISLAM TENTANG JUAL BELI LAHAN SAWAH DALAM STATUS SEWA (Studi Kasus di Desa Medasari Kecamatan Rawajitu Selatan Kabupaten Tulang Bawang)

DEVA, ANISA PUTRI (2023) HUKUM ISLAM TENTANG JUAL BELI LAHAN SAWAH DALAM STATUS SEWA (Studi Kasus di Desa Medasari Kecamatan Rawajitu Selatan Kabupaten Tulang Bawang). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DEVA ANISA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli merupakan salah satu bentuk muamalah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW (Islam). Kegiatan jual beli sudah terjadi sejak zaman Rasulullah dan para sahabatnya. Jual beli lahan sawah dalam status sewa yang terjadi di Desa Medasari Kecamatan Rawajitu Selatan Kabupaten Tulang Bawang menjadi permasalahan karena akad yang dilakukan kedua belah pihak atas lahan sawah masih dalam status disewakan pada orang lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini : Bagaimana pandangan hukum Islam tentang jual beli lahan sawah dalam status sewa di Desa Medasari Kecamatan Rawajitu Selatan Kabupaten Tulang Bawang?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pandangan hukum Islam tentang jual beli lahan sawah yang masih dalam status sewa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang melalui responden yang bersifat deskriptif analisis dengan data kualitatif dengan menggunakan pendekatan berfikir deduktif dan induktif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer, data sekunder dan data tersier. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Responden penelitian ini ada 3 orang yaitu pemilik lahan sawah (penjual), pembeli lahan sawah dan penyewa lahan sawah. Berdasarkan hasil analisa dapat disimpulkan bahwa akad jual beli lahan sawah dalam status sewa di Desa Medasari Kecamatan Rawajitu Selatan Kabupaten Tulang Bawang fasid maka tidak diperbolehkan karena lahan masih dalam status sewa orang lain. Kata kunci : Hukum Islam, Jual Beli, Lahan Sawah Status Sewa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Mar 2023 08:42
Last Modified: 20 Mar 2023 08:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23696

Actions (login required)

View Item View Item