PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING (M-LEARNING) BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL PENYUSUN JARINGAN TUMBUHAN DAN HEWAN KELAS XI SMA/MA

Rohmatul Haq, Maulana (2017) PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING (M-LEARNING) BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL PENYUSUN JARINGAN TUMBUHAN DAN HEWAN KELAS XI SMA/MA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_lengkap_Maulana.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di sekolah pada materi struktur dan fungsi sel penyusun jaringan tumbuhan dan hewan hanya menggunakan buku saja, dan beberapa materi lain menggunakan media berupa charta dan torso. Pembelajaran dengan menggunakan smartphone hanya sebatas peserta didik menggunakannya untuk mencari artikel berisi materi pada saat diskusi dan mengerjakan tugas. Selebihnya menggunakan praktikum langsung di laboratorium. Salah satu alternatif media pembelajaran yang menarik dan efisien yaitu dengan mengembangkan media mobile learning (m-learning) berbasis android dalam pembelajaran biologi pada materi struktur dan fungsi sel penyusun jaringan tumbuhan kelas XI SMA/MA. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media m-learning berbasis android pada materi struktur dan fungsi sel penyusun jaringan tumbuhan dan hewan kelas XI. (2) Mengetahui apakah pengembangan m-learning berbasis android pada materi struktur dan fungsi sel penyusun jaringan tumbuhan dan hewan layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur yang dikemukakan Sugiyono. Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui kelayakan m-learning berbasis android dan untuk mengetahui respon guru dan peserta didik yaitu menggunakan skala Likert dengan empat penilaian disusun dalam bentuk checklist. Analisis data yang dilakukan yaitu mengumpulkan data kualitatif dari ahli materi, ahli bahasa, ahli media, guru biologi dan peserta didik SMA. Hasil penelitian ini berupa: (1) Pengembangan m-learning berbasis android pada materi jaringan tumbuhan dan hewan. (2) Kualitas media bantu pembelajaran m-learning berbasis android pada materi jaringan tumbuhan dan hewan adalah layak dengan persentase 75% berdasarkan penilaian ahli materi, dan sangat layak dengan persentase 82,81% oleh ahli bahasa dan 81,66% oleh ahli media dengan kriteria sangat layak. (3) Respon guru biologi dengan persentase 93,33% dengan kriteria sangat layak. Respon peserta didik kelas XI MIPA dalam kriteria sangat menarik dengan persentase 87,03%. di SMA Negeri 5 Bandar Lampung. Jadi dapat disimpulkan m-learning berbasis android sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2017 06:34
Last Modified: 21 Nov 2017 06:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2369

Actions (login required)

View Item View Item