TINJAUAN FIQH SIYASAH TENTANG UPAYA SATLINMAS DALAM PENCEGAHAN CURANMOR DAN PENYAKIT MASYARAKAT (Studi di Kelurahan Kedaung Kecamatan Kemiling)

AHMAD, IKROMI (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TENTANG UPAYA SATLINMAS DALAM PENCEGAHAN CURANMOR DAN PENYAKIT MASYARAKAT (Studi di Kelurahan Kedaung Kecamatan Kemiling). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AHMAD IKROMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Satuan Perlidungan Masyarakat atau biasa disebut dengan Satlinmas merupakan Organiasi Aparatur Pemerintah Daerah yang bertugas menyelenggarakan Perlindungan Masyarakat. Dimana tugas dari Satlinmas menjalankan Membantu Ketertiban Daerah yang berada pada naungan SatPolPP yang sesuai dengan asas otonomi daerah dimana keamanan daerah diselenggarakan sendiri sesuai dengan Rumah Tangga Daerahnya masin-masing. Satlinmas dalam menjalankan tugasnya diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 tahun 2020, Satlinmas sekarang seakan tidak mempunyai kepercayaan di mata masyarakat. Satlinmas merupakan warga masyarakat yang ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, termasuk kegiatan sosial kemasyarakatan. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya Satlinmas dalam Pencegahan Curanmor dan Penyakit Masyarakat di Kelurahan Kedaung Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung dan Bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah tentang upaya Satlinmas dalam Pencegahan Curanmor dan Penyakit Masyarakat di Kelurahan Kedaung, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung. Penelitian yang digunakan oleh penulis dalam kajian ini adalah penelitian secara langsung atau di sebut dengan penelitian lapangan (field research). Jenis penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Hasil penelitian upaya Satlinmas dalam Pencegahan Curanmor dan Penyakit Masyarakat di Kelurahan Kedaung Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung mengemukakan bahwa Pelaksanaan peraturan tentang ketertiban dan ketenteraman dan perlindungan masyarakat sesuai dengan pasal 27 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2020 yang berlaku, belum dapat sepenuhnya terlaksana sesuai apa dengan Peraturan tersebut, di karenakan kondisi dimana masih ada hambatan berupa dalam pelaksanaan perlindungan masyarakat antara lain untuk Regenerasi anggota Satuan Perlindungan Masyarakat dimana sedikit peminat yang ingin menjadi Satuan Perlindungan Masyarakat dari kaum muda, melainkan usia-usia Lansia yang banyak mendaftar dikarenakan untuk mengisi kegiatan tua. Menurut Fiqh Siyasah tugas yang sudah diberikan tetapi tidak dijalankan dengan baik berarti sama saja tidak amanah, tidak menjalankan kewajiban dengan baik, itu iii sendiri bagi masyarakat muslimnya. Fiqh Siyasah tentang upaya Satlinmas dalam Pencegahan Curanmor dan Penyakit Masyarakat di Kelurahan Kedaung, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung yang merupakan pedoman umat Islam sangat berperan penting dalam meneggakan keadilan, ketenteraman yang ada di masyarakat, fiqh siyasah yang memiliki peran penting dalam menegakkan hukum Islam. Kata kunci : Curanmor, Satlinmas, Fiqh siyasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:07
Last Modified: 20 Mar 2023 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23686

Actions (login required)

View Item View Item