TINJAUAN FIQH SIYASAH TANFIDZIYAH TERHADAP PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 05 TAHUN 2019 TENTANG TATA CARA PERIZINAN REKLAME (Studi di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandar Lampung

PRATAMA, ARGO PUTRA (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TANFIDZIYAH TERHADAP PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 05 TAHUN 2019 TENTANG TATA CARA PERIZINAN REKLAME (Studi di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandar Lampung. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Pratama Argo Putra Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pelayanan publik pada dasarnya merupakan pemberian pelayanan kepada masyarakat terkait dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat sebagai warga negara. Pelayanan publik juga diartikan sebagai suatu kegiatan atau urutan kegiatan yang terjadi dalam interaksi langsung antar seseorang dengan orang lain atau mesin secara fisik, dan menyediakan kepuasan pelanggan. Penyelenggaraan pelayanan publik merupakan upaya negara untuk memenuhi kebutuhan dasar dan hak-hak sipil setiap warga negara atas barang, jasa, dan pelayanan administrasi yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Rumusan dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 05 Tahun 2019 tentang Tata Cara Perizinan Reklame di Kota Bandar Lampung ? 2. Bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah Tanfidziyah Terhadap Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 05 Tahun 2019 Tentang Tata Cara Perizinan Reklame ? Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan (fielder search) yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan tehnik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan melalui tahap editing dan sistematis data. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu metode yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Tata Cara Perzinan Reklame Daerah Kota Bandar Lampung ialah pelaksanaan peraturan daerah sesuai dengan peraturan daerah Nomor 5 Tahun 2019 dan penyelenggaraan Reklame adalah perorangan atau badan yang menyelenggarakan Reklame baik untuk dan atas namanya sendiri atau untuk dan atas nama pihak lain yang menjadi tanggungannya. Dalam tinjauan fiqh siyasah pelaksanaan peraturan daerah sejalan dengan fiqh siyasah tanfidziyah dengan peraturan daerah nomor 5 tahun 2019 tentang perizinan Reklame oleh karena itu pelaksanaan peraturan daerah mengandung manfaat bagi masyarakat kota Bandar Lampung sudah amanah dalam menjalankan peraturan daerah tersebut. Dan telah melaksanakan ketentuan sesuai dengan peraturan Hukum Islam yaitu fiqih siyasah tahfidziyah dapat dilihat dari pelaksanaan perizinaan Perizinan Pemasangan Reklame dikota bandar Lampung dengan cara memperhatikan Lingkungan pemasangan titik reklame sesuai dengan Peraturan Daerah Kota iii Bandar Lampung Nomor 5 Tahun 2019 dan musyawarah atau Syuro apabila pemasangan reklame bertepatan di depan rumah masyarakat Bandar Lampung. Kata Kunci: Fiqh Siyasah Tanfidziyah, Pelaksanaan, Perda No 05 Tahun 2019, Perizinan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:01
Last Modified: 20 Mar 2023 07:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23685

Actions (login required)

View Item View Item