PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOUNAMENT (TGT) BERBANTUAN PERMAINAN MULTIPLY CARDS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SDN 01 TANJUNG SERUPA KABUPATEN WAY KANAN

JENTIKA, Rabiman (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOUNAMENT (TGT) BERBANTUAN PERMAINAN MULTIPLY CARDS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SDN 01 TANJUNG SERUPA KABUPATEN WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL JENTIKA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan penelitian di SDN 01 Tanjung Serupa pendidik kurang tepat dalam memilih dan memvariasikan model pembelajaran sehingga peserta didik ketika dalam proses pembelajaran terlihat kurang aktif, cenderung hanya mendengar dan mencatat yang disampaikan oleh guru sehingga pembelajaran hanya berjalan satu arah saja. Belum optimalnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika disebabkan oleh satu diantaranya yakni model pembelajaran yang dipakai oleh guru.Model pembelajaran yang dipakai lebih mengacu pada pembelajaran konvensional. Metode yang dipakai dalam pembelajaran pun masih memakai metode ceramah sehingga guru tidak melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Berhubungan terhadap penelitian yang dilaksanakan, maka diharapkan ada peningkatan dalam bentuk pembaharuan pada kegiatan belajar mengajar matematika. Pembaharuan yang dimaksud yakni model pembelajarannya yang bisa menjadikan peserta didik terangsang untuk belajar. Pada model pembelajaran matematika yang dapat diterapkan yakni model pembelajaran kooperatif yang nanti dapat memberi solusi secara tepat dalam menghadapi masalah. Pembelajaran kooperatif ialah model pembelajaran yang memang dibuat untuk mendorong siswa agar bekerjasama pada kelompok dan saling membantu supaya menguasai materi, melakukan pemeriksaan, perbaikan jawaban temannya, dan aktivitas lain yang bertujuan mewujudkan prestasi yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh siswa yang memperoleh pembelajaran melalui model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan permainan Multiply Cards terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen dengan desain non equivalent control grup design. Jenis penelitian ini menggunakan pretest dan posttest di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Tanjung Serupa dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik purposive sampling. Pengambilan sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelompok kelas diantaranya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana kelas eksperimen tersebut adalah kelas III B dan untuk kelas kontrol adalah kelas III A. Dengan teknik pengambilan data menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya maka dapat diketahui bahwa hasil thitung> ttabel = 2,434 > 2,015. Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan permainan Multiply Cards terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN 01 Tanjung Serupa. Kata Kunci: Teams Games Tournament, Multiply Cards, Hasil Belajar iv ABSTRACT Based on research at SDN 01 Tanjung Serupa, educators are less precise in choosing and varying learning models so that students when in the learning process appear less active, tend to only listen and take notes delivered by the teacher so that learning only goes in one direction. Not optimal learning outcomes in mathematics are caused by one of them, namely the learning model used by the teacher. The learning model used refers more to conventional learning. The method used in learning still uses the lecture method so that the teacher does not involve students directly in the learning process. In connection with the research carried out, it is hoped that there will be an increase in the form of renewal in mathematics teaching and learning activities. The renewal in question is a learning model that can stimulate students to learn. In the mathematics learning model that can be applied, namely the cooperative learning model which can later provide appropriate solutions in dealing with problems. Cooperative learning is a learning model that is designed to encourage students to work together in groups and help each other master the material, carry out examinations, correct their friends' answers, and other activities aimed at realizing the expected achievements. The purpose of this study was to determine the influence of students who received learning through the Multiply Cards-assisted Teams Games Tournament (TGT) model on mathematics learning outcomes. This research is a quantitative study with a quasy experimental approach with a non-equivalent control group design. This type of research uses pretest and posttest in the experimental class and control class. This research was conducted at SDN 01 Tanjung Sesama using a purposive sampling technique. Sampling in this study consisted of two class groups including the experimental class and the control class. Where the experimental class is class III B and for the control class is class III A. With data collection techniques using tests and documentation. Based on the results of the research and discussion, it can be concluded that based on the hypotheses that have been formulated previously, it can be seen that the results of tcount> ttable = 2.434> 2.015. Thus H1 is accepted and H0 is rejected. So it can be concluded that there is a significant influence between the Teams Games Tournament (TGT) learning model assisted by the Multiply Cards game on improving student learning outcomes in class III SDN 01 Tanjung Serupa. Keywords: Teams Games Tournament, Multiply Cards, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Mar 2023 06:53
Last Modified: 20 Mar 2023 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23684

Actions (login required)

View Item View Item