TINJAUAN FIQH SIYASAH TENTANG PENGISIAN JABATAN PERANGKAT TIYUH (Studi Pada Tiyuh Tirta Makmur Kecamatan Tulang Bawang Tengah)

BRIALDO, ARINATA SANDRA (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TENTANG PENGISIAN JABATAN PERANGKAT TIYUH (Studi Pada Tiyuh Tirta Makmur Kecamatan Tulang Bawang Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 2 BRIALDO.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK BRIALDO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Allah SWT menggariskan bahwa rasullullah dalam kepemimpinannya bahwa suatu negara haruslah ada pemimpinn sebagai penerus fungsi kenabian. Hal ini untuk menjaga terselenggaranya ajaran agama, mengatur negara, memegang kendali politik, membuat kebijakan yang dilandaskan syari’at agama dan menyatukan umat dalam kepemimpinan yang tunggal. guna membantu tugas dan fungsi pemimpin agar lebih maksimal membantu agenda untuk berkhitmad melayani masyarakat banyak, maka penting dalam susunan perangkat pembantu pemimpin adalah orang-orang yang dirasa compatible dan kompeten di bidangnya yaitu membantu, melayan dan membuat sebuah solusi dari problematika yag ada di tengah masyarakatnya. pemimpin itu merupakan hak setiap Muslim asalkan ia mampu memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh agama Islam. Hukum Islam seorang pemimpin tentunya ditaati oleh pembantu-pembantunya. Rumusan masalah di tiyuh tirta makmur. Bagaimana pengisian jabatan perangkat tiyuh di tiyuh Tirta Makmur Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat, Bagaimana tinjauan fiqh siyasah tentang pengisian jabatan perangkat tiyuh di tiyuh Tirta Makmur Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Tujuan penelitian, diantaranya: Untuk mengetahui pengisian jabatan perangkat tiyuhdi tiyuh Tirta Makmur Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat, Untuk mengetahui tinjauan fiqh siyasah tentang pengisian jabatan perangkat tiyuh di tiyuh Tirta Makmur Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian lapangan yang dilaksanakan di lapangan yang sebenarnya. Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara untuk memperoleh informasi mengenai pengisian jabatan perangkat tiyuh dan tinjauan fiqh siyasah tentang pengisian jabatan perangkat tiyuh di tiyuh Tirta Makmur Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Proses pengisian jabatan perangkat tiyuh tirta makmur kecamatan tulang bawang tengah Pengangkatan Perangkat Desa, belum terealisasi seperti syarat calon kepala tiyuh harus minimal berpendidikan sekolah menengah umum/sederajat sebab di desa sangat minim akan kemajuan dalam bidang pendidikan. Mekanisme pengisian/pengangkatan perangkat tiyuh dalam Tinjauan Fiqh Siyasah, dilihat dari praktek pengangkatan peminpin Pada zaman iii Nabi, Para Sahabat. ialah melalui musyawarah. Pemimpin di angkat oleh umat atau di bai'at, ketentuan bai’at menunjukan bahwa Islam telah menjadikan kekuasan di tangan umat. Kata Kuci: kepala pekon, tiyuh, pengisian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Mar 2023 06:30
Last Modified: 20 Mar 2023 06:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23682

Actions (login required)

View Item View Item