IMPLEMENTASI STRATEGI GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP AL-HUDA JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

CYNTIA, ANGELIA NABILA (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP AL-HUDA JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CYNTIA ANGELIA NABILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Pada perumusan masalah mengenai penjelasan Implementasi Strategi Guru PAI Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Diri Pada Peserta didik. Pendidikan agama merupakan usaha sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati hingga mengimani, bertakwa dan berakhlak mulia dalam mengamalkan ajaran agama Islam dari sumber utamanya yakni kitab suci Al-Qur’an dan Al-Hadist, melaui kegiatan bimbingan, pengajaran. Pendidikan Agama Islam adalah ajaran untuk mengamalkan Agama Islam disekolah yang dijelaskan dari sumber sumber tertentu guna membantu peserta didik memperdalam pembelajaran Agama Islam maka dari itu penulis mengaitkan pemelajaran tersebut dengan pembelajaran daring guna menigkatkan karakter diri disekolah. Strategi yang dikembangkan disekolah mengenai pengembangan yang dilakukan oleh guru mengenai kebiasaan dan pengulangan mengenai pendidikan agama islam. Nilai�nilai Karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan pendidikan akhlak yang bertujuan untuk membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat, dan warga negara yang baik.” Kedua pendapat ini menunjukkan bahwa pengertian karakter mengacu kepada serangkaian sikap Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Yang bertujuan mendeskripsikan strategi yang digunakan guru kelas dalam membentuk karakter peserta didik serta mendeskripsikan faktor apa saja yang mendukung pelaksanaan strategi yang digunakan guru kelas dalam membentuk karakter peserta didik di kelas VII SMP Al- Huda Jati Agung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai strategi yang digunakan, pelaksanaan serta faktor yang mendukung pelaksanaan strategi tersebut, sedangkan untuk data sekunder berupa teori dan data penunjang lainnya diperoleh dari kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Strategi yang digunakan guru kelas dalam membentuk karakter di SMP Al- Huda Jati Agung Faktor pendukung pelaksanaan strategi yang diterapkan guru kelas dalam membentuk karakter peserta didik di kelas VII SMP Al- Huda Jati Agung adalah adanya dukungan dari orang tua peserta didik, iii adanya dukungan dan pengawasan dari pihak sekolah dan kesadaran dari dalam diri peserta didik. Mengenai evaluasi yang di lakukan biasanya berupa penilaian individu baik dari aspek sikap, perilaku, kesopanan dan kerajinan yang masing memiliki indikator yang di harapkan. Biasanya penilaian itu di beritahukan tertulis di raport dan portofolio peserta didik. Akan tetapi diakhir semster biasanya ada pemberian reward the best di bidang masing-masing misalnya the best mapel atau the best karakter. Kata Kunci : Implementasi, Strategi Guru, Menanamkan Nilai-nilai Karakter iv ABSTRACT In the formulation of the problem regarding the explanation of the Implementation of the PAI Teacher's Strategy in Instilling Self�Character Values in Students. Religious education is a conscious and planned effort in preparing students to know, understand, live up to faith, piety and noble character in practicing the teachings of Islam from its main source, namely the holy Al-Qur'an and Al-Hadith, through guidance, teaching activities. . Islamic Religious Education is teachings for practicing Islam in schools which are explained from certain sources to help students deepen their learning of Islam. Strategies developed in schools regarding the development carried out by teachers regarding habits and repetition regarding Islamic religious education. Character values have the same essence and meaning as moral education and moral education which aim to shape the child's personality, so that he becomes a good human being, a citizen, and a good citizen." These two opinions show that the notion of character refers to a series of attitudes This research method uses descriptive qualitative research. Which aims to describe the strategies used by class teachers in shaping the character of students and describe what factors support the implementation of the strategies used by class teachers in shaping the character of students in class VII SMP Al-Huda Jati Agung. This study uses data collection techniques through observation, interviews and documentation. Primary data were obtained directly from respondents regarding the strategies used, implementation and factors that supported the implementation of these strategies, while secondary data in the form of theory and other supporting data were obtained from literature and documentation. The results showed that the strategies used by class teachers in building character at SMP Al-Huda Jati Agung. , there is support and supervision from the school and awareness from within the students. Regarding the evaluation that is carried out, it is usually in the form of individual assessments both from the aspects of attitude, behavior, politeness and diligence, each of which has the expected indicators. v Usually the assessment is notified in writing in the student's report card and portfolio. However, at the end of the semester there is usually the giving of the best reward in their respective fields, for example the best subject or the best character. Keywords: Implementation, Teacher Strategy, Instilling Character Values

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Mar 2023 06:23
Last Modified: 20 Mar 2023 06:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23681

Actions (login required)

View Item View Item