PENGARUH KUALITAS PELAYANAN SIMPAN PINJAM TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA (Studi KSP Sehati Kecamatan Tanjung Sari Lampung Selatan)

TRI, NOVITA DEWI (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN SIMPAN PINJAM TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA (Studi KSP Sehati Kecamatan Tanjung Sari Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI TRI NOVITA DEWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengukur apakah ada pengaruh Kualitas Pelayanan Simpan Pinjam Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Sehati. Adanya keengganan anggota KSP sehati untuk menggunakan jasa layanan kembali, hal ini menunjukkan bahwa tidak ada rasa puas atau inproblem. Keberadaan kualitas layanan masih dianggap sebagai salah satu faktor penting dalam meningkatkan keinginan anggota untuk menggunakan layanan kembali, menggunakan lebih banyak layanan dan merekomendasikan kepada orang lain. Kualitas layanan yang diberikan oleh suatu lembaga koperasi akan mempengaruhi loyalitas anggota. Semakin baik tingkat pelayanan maka semakin tinggi loyalitas anggota. Untuk mendapatkan data terkait dengan persoalan-persoalan ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sumber data diambil dari populasi dengan teknik sampling. Dengan ini maka alat pengumpul data menggunakan kuesioner yang berisi daftar pertanyaan terkait dengan pertanyaan persoalan. Pengujian hipotesis menggunakan pengolahan data Statistical Package For Social Science (SPSS). Adapun uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Uji Parsial (Uji t). Berdasarkan hasil penenlitian yang telah dilakukan menggunakan uji parsial (uji t) dimana menunjukkan sig 0,000 < 0,05, maka diterima. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa diterima yaitu kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota dan ditolak. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota sebesar 60% dengan indikator, keandalan/kemampuan (reliability), daya tanggap dalam pemberian layanan (responsiveness), keyakinan atau kemampuan (assurance), memahami keinginan anggota (Emphaty), aspek fisik jasa (tangibles). Artinya jika dilakukan perbaikan pelayanan atau dipertahankan senilai 60% maka akan terjadi loyalitas anggota senilai 60%. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan dan loyalitas anggota Koperasi iii ABSTRACT The quality of services provided by a cooperative institution will affect member loyalty. The better the service level, the higher the member loyalty. The Sehati Tanjung Sari Savings and Loans Cooperative (KSP) in providing services to its members indicates good service quality and influences member loyalty. The services provided by the Sehati Savings and Loans Cooperative (KSP) to members who are indicated to be good are in the form of responsiveness to the needs of members in transactions in the cooperative. This study aims to determine the service quality of KSP Sehati and its influence on member loyalty. This research is a quantitative research. The population in this study were all members of the KSP Sehati Tanjung Sari South Lampung cooperative in 2022. Sampling was carried out by random sampling, where sample members from the population were taken randomly without looking at the strata in the population. The data collection technique uses a questionnaire with a Likert scale. Hypothesis testing uses Statistical Package For Social Science (SPSS) data processing. The hypothesis test used in this study is the Partial Test (t test). Based on the results of the research that has been carried out using the partial test (t test) which shows sig 0.000 <0.05, then H_a is accepted. The results of the study show that H_a is accepted, namely service quality has a significant effect on member loyalty and H_0 is rejected. The results of this study indicate that there is an influence of service quality on member loyalty by 60%. This means that if the service is improved or maintained at 60%, there will be member loyalty of 60%. Keywords: Service Quality Cooperative member loyalty

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:57
Last Modified: 03 Apr 2023 06:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23661

Actions (login required)

View Item View Item