PRAKTIK PENGUPAHAN PEKERJA BONGKAR MUAT KAYU LOG DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Panglong Kayu Desa Sukamenanti Kecamatan Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara)

SONYA, NAMIRA (2023) PRAKTIK PENGUPAHAN PEKERJA BONGKAR MUAT KAYU LOG DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Panglong Kayu Desa Sukamenanti Kecamatan Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK SONYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Upah mengupah adalah salah satu bentuk tolong menolong antar sesama umat manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Seperti halnya pekerjaan bongkar muat kayu log di Desa Sukamenanti, Kecamatan Bukit Kemuning, Kabupaten Lampung Utara, ini adalah salah satu pekerjaan yang banyak diminati masyarakat, meskipun perkerjaan ini cukup berat dan menguras tenaga, namun banyak masyarakat yang melakukan pekerjaan ini, karena pekerjaan ini menjanjikan upah yang cukup besar dari pada harus menunggu hasil panen dari sawah mereka. Seperti pekerjaan lainnya, pekerjaan bongkar muat kayu log ini tidak terlepas dari adanya risiko yang mengalami pekerjaan itu terjadi. Dengan adanya risiko inilah yang menyebabkan pekerjaan tersebut tidak dapat menghasilkan upah yang maksimal. Berangkat dari masalah di atas, maka peneliti tertarik untuk menjadikannya sebagai tugas akhir dengan rumusan masalah antara lain: 1) Bagaimana Praktik Pengupahan Pekerja Bongkar Muat Kayu Log di Desa Sukamenanti Bukit Kemuning Lampung Utara, 2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Pengupahan Pekerjaan Bongkar Muat Kayu Log di Desa Sukamenanti Bukit Kemuning Lampung Utara?. Jenis penelitian merupakan penelitian lapangan (field research) di Desa Sukamenanti Kecamatan Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara, yang dihimpun melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan sumber datanya adalah para pekerja yang terkait langsung dengan pekerjaan bongkar muat kayu log yang mengetahui bagaimana praktik pengupahan pada pekerjaan bongkar muat kayu log tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif serta cara berpikir induktif, serta menggunakan teori fiqh ijarah sebagai alat analisis. Dalam mengolah data, penulis melalui beberapa tahapan yaitu, editing, systematizing dan penentuan hasil data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktik pengupahan bongkar muat kayu log ini adalah upah yang dibayar secara langsung atau harian yang dibayarkan setelah selesai melakukan pekerjaan, namun upah yang harusnya dibayarkan setelah melakukan pekerjaan itu sering tidak langsung dibayarkan oleh pemilik Panglong kayu, dikarenakan penjualan kayu yang disalurkan oleh pemilik Panglong iii kayu Helda Sejahtera kepada konsumen tidak memenuhi target pemasaran dalam waktu yang telah ditentukan. Sedangkan menurut tinjauan hukum Islam akad yang dilakukan sudah sesuai dengan hukum Islam karena rukun dan syarat sudah terpenuhi menurut hukum Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:52
Last Modified: 15 Mar 2023 07:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23660

Actions (login required)

View Item View Item