IMPLEMENTASI LAYANAN INFORMASI KARIR MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK PEMILIHAN SEKOLAH LANJUTAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IX DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Liniawati, Deti (2017) IMPLEMENTASI LAYANAN INFORMASI KARIR MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK PEMILIHAN SEKOLAH LANJUTAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IX DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_lengkap_DETI.pdf]
Preview
PDF
Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang belum mengetahui informasi jenis-jenis pendidikan yang sesuai dengan minat, pemahaman diri, masalah ini menarik untuk diteliti karena berkaitan dengan kelancaran proses belajar mengajar dan masa depan peserta didik. Dilakukan agar peserta didik mengetahui informasi tentang jenis pendidikan yang sesuai dengan bakat, minat dan diri mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan informasi karir dalam mengembangkan kemampuan perencanaan karir peserta didik di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah metode deskriptip kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik MTs Negeri 2 Bandar Lampung kelas IX. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan informasi dilakukan secara klasikal, dengan menggunakan metode ceramah dengan cara membuka wawasan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi ke Sekolah Menengah Atas, dalam penerapan penyelenggaraan layanan informasi karir guru bimbingan konseling telah berperan semaksimal mungkin namun karena keterbatasan waktu yang sangat singkat sehingga guru bimbingan konseling sulit untuk menerapkan secara optimal tentang informasi-informasi yang ada untuk membina peserta didik. Sedangkan kemampuan perencanaan karir peserta didik yang awalnya belum memahami tentang informasi karir dan belum mengetahui tentang minat karir yang mereka inginkan, setelah diberikan layanan informasi karir ternyata membuahkan hasil yang positif, peserta didik menjadi mengetahui tentang informasi karir dan pemahaman diri mereka, meski hasilnya belum maksimal namun sudah sangat baik untuk membantu peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 21 Nov 2017 04:21
Last Modified: 21 Nov 2017 04:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2366

Actions (login required)

View Item View Item