ANALISIS STRATEGI PARIWISATA DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TAHUN 2020-2021 (Studi Pada Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung)

ALFITRIA, ALFITRIA (2023) ANALISIS STRATEGI PARIWISATA DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TAHUN 2020-2021 (Studi Pada Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  ALFITRIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi covid-19 telah menciptakan krisis ekononomi global yang dampaknya paling serius dibandingkan krisis-krisis sebelumnya. Penurunan bisnis hampir disemua sektor khususnya pada sektor pariwisata dan perjalanan yang berdampak merosotnya jumlah wisatawan baik domestik maupun mancanegara akibat dari Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa daerah, khususnya pada Kota Bandar Lampung. Pemerintah setempat dalam hal ini adalah Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung menerapkan strategi pariwisata yang tepat sesuai dengan protokol kesehatan yang diharapkan mampu memulihkan perekonomian sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sebagai wilayah yang didominasi oleh kaum muslim, strategi yang digunakan untuk memulihkan perekonomian dari sektor pariwisata dilandasi fatwa-fatwa yang telah dikeluarkan oleh MUI sebelumnya. Penyelenggaraan pariwisata yang sudah berdasarkan prinsip syariah tentu boleh dilakukan dengan syarat mengikuti beberapa ketentuan yang telah difatwakan. Pada penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif analisis. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pendeketan kualitatif, dengan data primer bersumber dari observasi pendapat informan dan wawancara di Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung mengenai strategi pariwisata yang ditempuh di masa pandemi covid-19 dan dampak dari pariwisata di Kota Bandar Lampung jika ditinjau dari segi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sedangkan data sekunder yang digunakan pada penelitian ini didapat dari berbagai literatur seperti Rencana Strategi (Renstra) Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung, Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), Matriks Indikasi Program RIPPARDA, jurnal, internet, juga sumber-sumber lain yang mampu mendukung dengan penelitian ini. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi pariwisata di masa pandemi covid-19 terlaksana secara maksimal dengan angka tenaga kinerja sebesar 100%. Keberhasilan ini menyebabkan peningkatan jumlah Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada sektor pariwisata sebanyak 11% dari tahun sebelumnya yaitu pada tahun 2020 yang menyentuh angka -53%. Keberhasilan ini sejalan dengan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung berhasil mengembalikan kegiatan pariwisata di Kota Bandar Lampung di masa pandemi covid�19. Strategi yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung juga sesuai dengan prinsip syariah dimana pelaksanaan strategi ini tidak melanggar unsur-unsur yang dilarang oleh nilai-nilai Islam. Kata Kunci : Covid-19, Strategi Pariwisata, Kota Bandar Lampung, PAD, Ekonomi Islam, Kualitatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:42
Last Modified: 15 Mar 2023 07:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23658

Actions (login required)

View Item View Item