ANALISIS SIYĀSAH TANFIŻIYAH SYAR’IYYAH TERHADAP PERAN RUKUN TETANGGA (RT) DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA (Studi di Kelurahan Durian Payung Kecamatan Tanjung Karang Pusat)

M., Satria Pratama (2023) ANALISIS SIYĀSAH TANFIŻIYAH SYAR’IYYAH TERHADAP PERAN RUKUN TETANGGA (RT) DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA (Studi di Kelurahan Durian Payung Kecamatan Tanjung Karang Pusat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK SATRIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK ABSTRAK Pemerintah Kota Bandar Lampung melalui Peraturan Daerah Nomor 05 Tahun 2015 Pasal 33 Ayat (1) Kota Bandar Lampung Tentang Pengelolaan Sampah menugaskan lembaga pengelola sampah tingkat rukun tetangga (RT) di tiap Kelurahan untuk menyediakan fasilitas tempat sampah organik dan anorganik di masing-masing rumah tangga dan alat angkut dari tempat sampah rumah tangga ke TPS dan/atau TPST serta juga menjamin terwujudnya tertib pemilahan sampah di masing-masing rumah tangga. Oleh karena itu Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Peran Lembaga Pengelola Sampah Tingkat Rukun Tetangga (RT) di Kelurahan Durian Payung Kecamatan Tanjung Karang Pusat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga?, 2) Bagaimana Analisis Siyāsah Tanfiżiyah Syar’iyyah Terhadap Peran Lembaga Pengelola Sampah TingkatRukun Tetangga (RT) di Kelurahan Durian Payung KecamatanTanjung Karang Pusat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Lembaga Pengelola Sampah Tingkat Rukun Tetangga (RT) di Kelurahan Durian Payung Kecamatan Tanjung Karang Pusat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga sertamengetahui Analisis Siyāsah Tanfiżiyah Syar’iyyah Terhadap Peran Lembaga Pengelola Sampah Tingkat Rukun Tetangga (RT) di Kelurahan Durian Payung Kecamatan Tanjung Karang Pusat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Data-data yang dikumpulkan berdasarkan dari hasil pengamatan, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisa datanya adalah deskriptif kualitatif atau kesimpulan yang diperoleh menggunakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau berupa wawancara secara langsung yang kemudian diuraikan dan tertuju pada landasan teori. Populasi pada penelitian ini ada 54 kepala kelurga kemudian dari 54 tersebut diambil 11 kepala keluarga untuk dijadikan sampel untuk penelitian ini. Hasil dari penelitian ditemukan bahwaperan lembaga pengelola sampah tingkat rukun tetangga (RT) di Kelurahan Durian Payung Kecamatan Tanjung Karang Pusat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga sudah cukup baik, namun untuk menjalankan Peraturan Daerah Nomor 05 Tahun 2015 Pasal 33 Ayat (1) Kota Bandar Lampung Tentang Pengelolaan Sampah, ketua RT beserta warga setempat telah sepakat untuk menyerahkan tugas memilah sampah sesuai jenisnya dilakukan oleh petugas kebersihan dengan memberi upah lebih kepada petugas kebersihan tersebut. Dalam iii Pandangan Siyāsah Tanfiżiyah Syar’iyyah Peran RT di Kelurahan Durian Payung Kecamatan Tanjung Karang Pusat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga sudah cukup baik, yakni dengan memelihara lingkungan dengan gotong royong dan menyampaikan amanat kepada warga tertang kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah Kota Bandar Lampung. Ketua RT dan Ketua Lingkungan juga telah melakukan musyawarah dengan warganya dalam memutuskan sebuah urusan/kepentingan bersama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:47
Last Modified: 15 Mar 2023 07:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23657

Actions (login required)

View Item View Item