PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SDN 18 WAY SERDANG MESUJI

DESI, RETNO MUTIA PUTRI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SDN 18 WAY SERDANG MESUJI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI DESI RETNO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam Penelitian ini yaitu proses pembelajaran yang berlangsung selama ini masih berpusat pada pendidik atau (Teacher Centered), guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan diskusi untuk menyampaikan materi pelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil bealajar pada peserta didik kelas IV SDN 18 Way Serdang Mesuji. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah“Apakah model pembelajaran koperatif picture and picture berpengaruh terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SDN 18 Way Serdang Mesuji?” Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Eksperimental Design Penelitian ini Menggunakan teknik pengumpulan data Tes,observasi, wawancara dan dokumentasi. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Postest Control Group Design. Populasi Sampel kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas IV A yang berjumlah 30 siswa, sedangkan kelas yang terpilih sebagai kelas kontrol adalah kelas IV B dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel teknik yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan instrument penilaian berupa lembar soal. Teknik Analisis Data yang digunakan yaitu: Uji Normalitas, Uji Humogenitas, Uji Normal Gain dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukan bahwa ada pengaruh hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran Picture And Picture kelas IV SD N 18 Way Serdang Mesuji dari pada pembelajaran kooperatif Student Facilitator And Explaining. Berdasarkan analisis uji t demikian nilai Signifikansi =0,012<0,05 maka dapat di simpulkan H0 di tolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif Picture And Picture terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD N 18 Way Serdang Mesuji. Kata Kunci : Model Pembelajaran Picture And Picture, Hasil Belajar. iii ABSTRACT The problem in this research is that the learning process that has been taking place so far is still teacher centered, the teacher uses the lecture, question and answer and discussion methods to convey the subject matter in class. This study aims to determine the effect of the picture and picture learning model on learning outcomes in class IV students at SDN 18 Way Serdang Mesuji. The formulation of the problem in this study is "Does the picture and picture cooperative learning model affect the social studies learning outcomes of class IV students at SDN 18 Way Serdang Mesuji?" This research is a quantitative research type Quasy Experimental Design This research uses data collection techniques Tests, observations, interviews and documentation. The design used in this study is the Pretest-Postest Control Group Design. The sample population for the experimental class in this study was class IV A with a total of 30 students, while the class selected as the control class was class IV B with a total of 30 students. The sampling technique used is purposive sampling. In this study, researchers used an assessment instrument in the form of a question sheet. The data analysis techniques used are: Normality Test, Humogenity Test, Normal Gain Test and Hypothesis Test. The results of the research that has been carried out show that there is an effect of IPS learning outcomes using the Picture And Picture learning model for class IV SD N 18 Way Serdang Mesuji from the Student Facilitator And Explaining cooperative learning. Based on the analysis of the t test, the significance value = 0.012 <0.05, it can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that there is an influence of the Picture And Picture cooperative learning model on social studies learning outcomes for fourth grade students at SD N 18 Way Serdang Mesuji. Keywords: Picture And Picture Learning Model, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Mar 2023 06:58
Last Modified: 15 Mar 2023 06:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23650

Actions (login required)

View Item View Item