FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SERTIFIKASI HALAL DALAM UPAYA PEMENUHAN KEPUASAN KONSUMEN (Studi Pada Perusahaan Air Minum Isi Ulang Kemasan Rumahan di Kabupaten Pringsewu)

MAKSUDI, Astiman (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SERTIFIKASI HALAL DALAM UPAYA PEMENUHAN KEPUASAN KONSUMEN (Studi Pada Perusahaan Air Minum Isi Ulang Kemasan Rumahan di Kabupaten Pringsewu). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of TESIS_MAKSUDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Masyarakat kabupaten pringsewu yang terkenal religius dengan islam sebagai agama mayoritas penduduk. Letak Kabupaten Pringsewu merupakan salah satu jalur tersibuk di Propinsi Lampung menuju sejumlah propinsi di pantai barat sumatera membuat posisi Kabupaten Pringsewu sangat potensial untuk pengembangan sektor perdagangan dan jasa, baik usaha perdagangan kecil, menengah, maupun perdagangan besar. Pringsewu menjadi pasar produk air minum isi ulang kemasan berbasis rumahan yang begitu potensial menjadi incaran produsen dalam dan luar negeri. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi sertifikasi halal dalam upaya pemenuhan kepuasan konsumen air minum isi ulang kemasan rumahan di kabupaten pringsewu. Mengingat produk yang tersedia di pasaran belum seluruhnya memiliki sertifikat halal dari lembaga BPJPH. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mendeskripsikan pengaruh sertifikasi halal terhadap usaha air minum isi ulang kemasan rumahan dalam upaya pemenuhan kepuasan konsumen di kabupaten pringsewu, mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi sertifikasi halal terhadap usaha air minum isi ulang kemasan rumahan dalam upaya pemenuhan kepuasan konsumen di Kabupaten Pringsewu, dan mendeskripsikan persepsi konsumen terhadap penerapan sertifikasi halal pada usaha air minum isi ulang kemasan rumahan di Kabupaten Pringsewu. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan yang digunakan sebanyak 24 pelaku usaha dan konsumen di Kabupaten Pringsewu, skub Kecamatan Gadingrejo dan Kecamatan Ambarawa. Penelitian ini ditemukan bahwa penerapan sertifikasi halal belum berpengaruh secara positif pada usaha air minum isi ulang kemasan rumahan dalam upaya pemenuhan kepuasan konsumen di Kabupaten Pringsewu. Hal ini disebabkan beberapa faktor yang dimilikinya antara lain; belum adanya kesadaran halal pelaku usaha, tidak adanya sosialisasi sertifikasi halal dari pemerintah dan lembaga BPJPH, kurangnya pengetahuan dan pemahaman sertifikasi halal, terbatasnya permodalan, faktor kesibukan, hubungan yang kurang harmonis antar pelaku usaha, sertifikasi halal belum dianggap kebutuhan yang mendesak dan familiar, serta kurangnya kepedulian konsumen terhadap pelaku usaha dalam upaya penerapan sertifikasi halal. Kata kunci : sertifikasi halal, faktor-faktor sertifikasi halal, persepsi konsumen iii ABSTRACT The people of Pringsewu district are well-known for being religious with Islam as the religion of the majority of the population. The location of Pringsewu Regency is one of the busiest routes in Lampung Province to a number of provinces on the west coast of Sumatra, making Pringsewu Regency very potential for the development of the trade and service sector, both small, medium and large trading businesses. Pringsewu is a market for home-based bottled refill drinking water products which has the potential to become the target of domestic and foreign producers. Based on this, researchers conducted research on the factors that influence halal certification in an effort to fulfill consumer satisfaction of home-packaged refill drinking water in Pringsewu district. Considering that not all of the products available on the market have a halal certificate from the BPJPH institution. The purpose of the research conducted was to describe the effect of halal certification on home bottled drinking water businesses in an effort to fulfill consumer satisfaction in Pringsewu district, to describe the factors that influence halal certification of home bottled refill drinking water businesses in an effort to fulfill consumer satisfaction in Pringsewu District, and describes consumer perceptions of the implementation of halal certification in home-packaged refill drinking water businesses in Pringsewu District. This research is a research that uses a descriptive qualitative approach. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. The informants used were 24 business actors and consumers in Pringsewu Regency, Gadingrejo District and Ambarawa District. This study found that the implementation of halal certification has not had a positive effect on home-packaged refill drinking water businesses in an effort to fulfill consumer satisfaction in Pringsewu Regency. This is due to several factors, including; there is no awareness of halal business actors, there is no socialization of halal certification from the government and BPJPH institutions, lack of knowledge and understanding of halal certification, limited capital, busyness factors, less harmonious relations between business actors, halal certification has not been considered an urgent and familiar need, and lack of consumer concern for business actors in efforts to implement halal certification. Keywords: halal certification, halal certification factors, consumer perceptions

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Mar 2023 06:51
Last Modified: 15 Mar 2023 06:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23648

Actions (login required)

View Item View Item