IMPLEMENTASI METODE BANDONGAN PADA PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN RADEN INTAN LAMPUNG

Khoirul, Umam Addzaky (2023) IMPLEMENTASI METODE BANDONGAN PADA PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi_Khoirul Umam Addzaky 1911010353.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI METODE BANDONGAN PADA PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN RADEN INTAN LAMPUNG Oleh : Khoirul Umam Addzaky Metode Bandongan merupakan salah satu metode klasik pada pembelajaran kitab kuning yang dipakai oleh kalangan-kalangan pesantren maupun lembaga pendidikan keagamaan lainnya, termasuk Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung. Dalam rangka mewujudkan visi misi serta cita-cita UIN Raden Intan Lampung untuk memiliki lulusan-lulusan yang berakhlakul karimah serta memiliki tungkat kereligiousan tinggi Ma’had Al-Jami’ah melaksanakan kuirkulum pembelajaran dengan model pesantren kampus. Salah satu kegiatan pembelajaran yang dilakukan adalah kitab kuning menggunakan metode Bandongan. Ditinjau dari hasil observasi, wawancara dengan salah satu ustadz pengkaji dan dokumentasi yang peneliti lakukan, peneliti melihat dari latar belakang pendidikan mahasiswa yang masuk kedalam kampus UIN Raden Intan Lampung, semuanya tidak dari madrasah maupun pondok pesantren . Akan tetapi, banyak mahasiswa yang berasal dari SMA dan SMK yang masih mempunyai keterbatasan pemahaman agama, terutama mengenai pemaknaan kitab-kitab kuning. Penelitian ini termasuk dalam metode penelitian lapangan (Field Research), dimana penelitian ini lebih menekankan kepada gejala-gejala atau peristiwa yang terjadi di masyarakat dengan jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dimana penelitian kualitatif deskriptif ini merupakan penelitian yang berusaha untuk mendeskripsikan suatu peristiwa, gejala, atau kejadian yang sedang terjadi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Problematika yang dihadapi Ma’had Al-Jami’ah dalam pelaksanaan pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan metode Bandongan adalah permasalaham teknis, Ustadz yang tidak mendampingi kegiatan sehari-hari mahasantri, latar belakang pendidikan mahsantri yang berbeda, dan Ustadz sebagai iv Talking Center. Dari hasil analisis peneliti maka diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan metode bandongan di Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung yaitu diawali dengan ustadz membuka pengajian dengan mengucapkan salam lalu ustadz bertawassul kepada Nabi Muhammad Saw, keluarga, dan para sahabat. Karakter mahasantri dengan adanya penggunaan metode bandongan ini adalah tawadhu’. Permasalahan yang dihadapi oleh Ma’had Al-Jami’ah dalam melakukan pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan metode Bandongan adalah Ustadz yang tidak mendampingi kegiatan sehari-hari mahasantri, latar belakang pendidikan mahsantri yang berbeda, dan Ustadz sebagai Talking Center. Kata Kunci : Bandongan, Latar Belakang Pendidikan Mahasantri, Problematika,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Mar 2023 06:26
Last Modified: 15 Mar 2023 06:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23644

Actions (login required)

View Item View Item