PRAKTIK ARISAN KOPI DALAM TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi di Desa Sindang Agung Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara)

AJENG, INDRIYANI (2023) PRAKTIK ARISAN KOPI DALAM TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi di Desa Sindang Agung Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (20MB)
[thumbnail of AJENG INDRIYANI SIPP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berangkat dari adanya fenomena praktik arisan barang berupa kopi yang terjadi di Desa Sindang Agung Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara, ini dalam menjalankan praktiknya terdapat perbedaan yang didapat para anggota. Dimana dalam praktiknya harga buah kopi sendiri setiap tahunnya berbeda,kadang rendah dan kadang tinggi.Arisan merupakan kegiatan mengumpulkan uang atau barang yang bernilai sama oleh beberapa orang yang kemudian diundi diantara mereka untuk menentukan siapa yang memperolehnya. Undian tersebut dilakukan dalam sebuah pertemuan secara berkala sampai semua anggota memperolehnya. Arisan adalah sebuah akad yang berbasis akad qard (utang piutang). Macam-macam arisan yang sering terjadi di masyarakat yakni yang pertama Arisan Sistem, arisan uang, dan arisan barang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana praktik arisan kopi di Desa Sindang Agung Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara, 2). Bagaimana pandangan hukum ekonomi syariah terhadap sistem praktik arisan kopi di Desa Sindang Agung Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian lapangan (field research). Analisis data dilakukan dengan cara kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Pada penelitian ini sumber data dibagi menjadi dua yakni data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara, hasil observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan peneliti yaitu editing, organizing dan systemizing. Dan Setelah diperoleh data melalui alat pengumpulan data diatas, maka akan dilakukan analisis deskriptif terhadap data tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis bahwa arisan kopi yang terjadi di Desa Sindang Agung Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara adalah transaksi yang memiliki perbedaan yaitu mengenai hasil yang didapat para anggota karena perubahan harga kopi di setiap tahunnya. Dan juga panen kopi yang setiap tahunnya tidak menentu, terkadang terjadi gagal panen yang membuat anggota arisan kopi tidak dapat membayar arisan tersebut. Kegiatan arisan kopi yang terjadi pada di Desa Sindang Agung merupakan transaksi yang tidak sesuai dengan Hukum Ekonomi Syariah dan bertentangan dengan Perintah Allah SWT pada orang mukmin untuk tidak saling memakan harta orang lain dengan jalan yang bathil. Adanya sistem tanggung rugi yang ditetapkan dalam praktik arisan kopi terkadang dirasa tidak adil bagi sesama anggota arisan kopi. Dan tidak transparannya sistem pengundian dengan metoode kocok kepada para anggota arisan juga dapat terjadi penzholiman antar anggota arisan. Tentunya hal ini akan menjadi kegiatan yang bahtil. Dari hal diatas dapat dilihat bahwa praktik arisan kopi ini lebih besar mudharatnya dibanding maslahatnya. Kegiatan arisan kopi di Desa Sindang Agung Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara cenderung termasuk gharar yang dilarang dalam Islam. Kata Kunci: Arisan Kopi, Hukum Ekonomi Syariah, Gharar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Mar 2023 04:35
Last Modified: 15 Mar 2023 04:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23642

Actions (login required)

View Item View Item