TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PELAKSANAAN UU NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP (Studi Pada PT Mardek Siger Kabupaten Way Kanan)

RONAL, RIKAL S (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PELAKSANAAN UU NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP (Studi Pada PT Mardek Siger Kabupaten Way Kanan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RONAL RIKAL S.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pengawasan pencemaran lingkungan hidup merupakan tanggung jawab dari Badan Lingkungan Hidup selaku instansi yang berwenang dalam hal pengawasan pencemaran lingkungan hidup. Salah satunya adalah industri pengolah karet PT Mardek Kabupaten Way Kanan. Kurangnya pengetahuan dan ketidaksadaran PT Mardek Siger Way Kanan untuk membuang limbah cair dengan cara yang telah di tetapkan pemerintah dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka peneliti ingin melakukan kegiatan penelitian dengan judul “Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Pelaksanaan UU Nomor 32 tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (Studi Pada PT Mardek Siger Kabupaten Way Kanan)”. Rumusan masalah yang akan penulis bahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan UU Nomor 32 tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup pada PT Mardek Siger Kabupaten Way Kanan dan bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap pelaksanaan UU Nomor 32 tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup pada PT Mardek Siger Kabupaten Way Kanan. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), yaitu mengadakan penelitian lapangan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis, sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Pengolahan data dengan menggunakan populasi dan sempel, Analisis data menggunakan analitis kualitatif. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Kabupaten Way Kanan belum berjalan dengan baik, hal ini didasarkan masih terjadinya pencemaran air yang terjadi akibat dari limbah cair yang dibuang oleh PT Mardek Siger Way Kanan. Perusahaan tidak mengindahkan teguran dari Pemerintah Daerah setempat. Tinjauan fiqh siyasah terhadap Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Kabupaten Way Kanan seperti yang dijelaskan dalam perspektif Islam manusia dan lingkungan memiliki hubungan relasi yang sangat erat karena Allah SWT menciptakan alam ini termasuk di dalamnya manusia dan lingkungan dalam keseimbangan dan keserasian sebagaimana dijelaskan dalam QS Ar-Rum ayat 41. Kata kunci : Fiqh Siyasah, Undang-undang, Lingkungan Hidup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Mar 2023 03:34
Last Modified: 15 Mar 2023 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23636

Actions (login required)

View Item View Item