PENYELESAIAN WANPRESTASI DENGAN CARA NON - LITIGASI DALAM SEWA MENYEWA JOKI GAME PUBG MOBILE PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Pada Store @joki_pubgm01)

SALSABILA, FIRDAUSI (2023) PENYELESAIAN WANPRESTASI DENGAN CARA NON - LITIGASI DALAM SEWA MENYEWA JOKI GAME PUBG MOBILE PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Pada Store @joki_pubgm01). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (19MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK SALSA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK Ijarah adalah akad untuk membolehkan pemilikan manfaat suatu barang atau jasa dalam waku tertentu dengan imbalan (ujroh), tanpa diikuti pemindahan kepemilikan atas barang itu sendiri. Maksud dari manfaat tersebut masih utuh, maka tidak boleh menyewakan sebuah benda yang setelah digunakan nilai guna dari benda tersebut habis. Dari maraknya kompetisi game banyak para pemula ingin diakui kehebatannya, maka disini muncul adanya bisnis sewa joki (jasa) pemain yang mengerjakan sesuatu untuk memainkan akun milik orang lain agar akun sipenyewa dapat naik rank ataupun K/D (Kill/Death Ration). Melalui perjanjian secara tidak tertulis dan besaran upah atau uang sewa didasarkan pada tingkatan rank yang dicapai, transaksi joki ini dilakukan oleh banyak kalangan karena menguntungkan. Dalam mengambil keuntungan, joki melakukan kecurangan ataupun melakukan penyelewengan serta joki tidak menjalankan kewajibannya disepakati diawal perjanjian. Berdasarkan latar belakang terdapat beberapa rumusan masalah diantaranya adalah bagaimana penyelesaian wanprestasi dengan cara non-litigasi dalam sewa menyewa joki game PUBG Mobile dan bagaimana penyelesaian wanprestasi dalam sewa menyewa joki game PUBG Mobile perspektif hukum Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyelesaian wanprestasi dengan cara non-litigasi dalam sewa menyewa joki game PUBG Mobile dan untuk mengetahui penyelesaian wanprestasi dalam sewa menyewa joki game PUBG Mobile perspektif Hukum Islam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), yaitu merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan secara sistematis dengan mengambil data dilapangan. Untuk itu peneliti akan melaksanakan penelitian secara langsung pada store @joki_pubgm01 dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu : observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Sedangkan metode pengelolaan datanya menggunakan pemeriksaan data (editing) dan analisis data (analizing). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diperoleh kesimpulan bahwa penyelesaian wanprestasi dengan cara non-litigasi dalam sewa menyewa joki game PUBG Mobile yang dilakukan oleh penjoki tidak melanggar aturan hukum yang telah ditetapkan. Bentuk penyelesaiannya dengan cara negosiasi dan penjoki harus mengganti kerugiannya. Dalam hal pemenuhan syarat dalam melakukan suatu perjanjian telah terpenuhi dan tidak bertentangan dengan aturan yang terdapat dalam Kitab Undang- iii Undang Hukum Perdata. Dalam penyelesaian wanprestasi dalam sewa menyewa game PUBG Mobile perspektif hukum Islam telah memenuhi syariat Islam yaitu dengan cara al-shulh atau perdamaian. Perdamaian dalam Islam sangat dianjurkan. Sebab, dengan perdamaian akan terhindarlah terputusnya silaturahmi (hubungan kasih sayang) sekaligus permusuhan di antara pihak-pihak yang sedang bersengketa akan dapat diakhiri. Kata Kunci : Wanprestasi, Ijarah, PUBG Mobile.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Mar 2023 03:23
Last Modified: 15 Mar 2023 03:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23635

Actions (login required)

View Item View Item