PENGARUH PELAKSANAAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII D SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Andreyanto, Fiki (2017) PENGARUH PELAKSANAAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII D SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf]
Preview
PDF
Download (58MB) | Preview

Abstract

Kreativitas belajar yaitu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dengan serangkaian kegiatan misalnya membaca, mengamati, mendengarkan, meniru dan sebagainya yang dikombinasikan melalui interaksi antara individu dan lingkungannya yang berkaitan dengan aspek kecakapan, keterampilan, sikap, harga diri, watak, dan penyesuain diri seseorang. Akan, tetapi banyak peserta didik yang kurang memahami pentingnya kreativitas belajar bahkan memiliki kreativitas belajar tidak terkecuali peserta didik kelas VIII D SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung, sehingga diperlukan upaya untuk mengatasi kreativitas belajar peserta didik yang rendah melalui pelaksanaan layanan penguasaan konten. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan kreativitas belajar peserta didik di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-grup pretest-posttest design. Sampel yang digunakan penelitian ini adalah sebanyak 22 peserta didik dari kelas VIII D SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018 yang memiliki kreativitas belajar dalam kategori rendah. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil perhitungan rata-rata skor kreativitas belajar sebelum mengikuti layanan penguasaan konten adalah 44,36 dan setelah mengikuti layanan penguasaan konten menjadi 88,63. Dari hasil uji-t dengan df= 21 dengan taraf signifikan 0,05 sebesar 2,080 dan diperoleh thitung= -28.354. Dikarenakan thitung= -28,354 pada derajat kebebasan (df) 21, kemudian dibandingkan dengan ttabel 0.05= 2,080 dengan ketentuan harga thitung lebih besar dari ttabel (-44,273 ≥ 2,080), hal ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima maka layanan penguasaan konten terhadap peserta didik kelas VIII D SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung berpengaruh dalam meningkatkan kreativitas belajar peserta didik. Untuk itu guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat menggunakan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan kreativitas belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 21 Nov 2017 03:56
Last Modified: 21 Nov 2017 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2363

Actions (login required)

View Item View Item