KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MIN 6 BANDAR LAMPUNG

Eka, Nur Aini (2023) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MIN 6 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Eka Nur Aini.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kepemimpinan kepala madrasah yaitu kemampuan kepala madrasah untuk menggerakkan sumber daya yang ada pada madrasah dan digunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Kewajiban kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MIN 6 Bandar Lampung dalam perencanaan dan proses pembelajaran karena input yang diberikan oleh guru akan berdampak pada output terhadap siswa. Adapun rumusan penelitian yaitu bagaimana kepemimpinan kepala madrasah yang meliputi proses mengarahkan, membimbing, mendorong/memotivasi guru untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru yang dilakukan di MIN 6 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam mengarahkan, membimbing, dan mendorong/memotivasi guru untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MIN 6 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru. Sumber data sekunder yaitu berupa data teoritis dan dokumentasi serta data pendukung lainnya yang diperoleh dari dokumen madrasah. Analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian dan kesimpulan yang diperoleh menunjukkan bahwa Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di MIN 6 Bandar Lampung telah terlaksana dengan melakukan supervisi/pengawasan, menilai serta mengevaluasi kegiatan belajar mengajar dan diberikan arahan untuk mengikutsertakan guru dalam pelatihan-pelatihan, memberikan bimbingan kepada guru tentang penyusunan RPP, cara memahami karakteristik peserta didik, serta mensosialisasikan hasil pelatihan, diklat, bimtek, seminar guru pada kegiatan KKG guna meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Kepala madrasah memberikan motivasi kepada guru untuk lebih semangat bekerja dengan memberikan reward kepada anggotanya yang berprestasi serta terjalinnya komunikasi yang baik antara kepala madrasah, guru, dan peserta didik. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kompetensi Pedagogik Guru iii ABSTRACT The leadership of the madrasa head is the ability of the madrasa head to mobilize existing resources in the madrasa and use it optimally to achieve the goals to be achieved. The obligation of the madrasa head to improve the pedagogic competence of teachers at MIN 6 Bandar Lampung in planning and learning processes because the input provided by the teacher will have an impact on the output of students. The reseaech formulation is how the leadership of the madrasa head includes the process of directing, guiding, encouraging/motivating teachers to improve teacher pedagogic competence which is carried out at MIN 6 Bandar Lampung. This study aims to find out how the leadership of the madrasa head is in directing, guiding, and encouranging/ motivating teachers to improve teacher pedagogical competence at MIN 6 Bandar Lampung This study uses a descriptive qualitative approach. This study uses data collection techniques by means of interviews, observation and documentation. The data sources used are primary data sources, namely the head of the madrasah, deputy head of curriculum, and teachers. Secondary data sources are in the form of theoretical data and documentation as well as other supporting data obtained from madrasah documents. Analysis of the research data using data reduction, data presentation and drawing conclusions. While testing the validity of the data using sourrce triangulation. The research results and conclusions obtained show that the madrasah principals’s leadership in improving teacher pedagogic competence at MIN 6 Bandar Lampung has been carried out by supervising, assessing and evaluating teaching and learning activities and given directions to include teachers in training, providing guidance to teachers regarding the preparation of lesson plans, how to understand the characteristics of students, as well as socialize the results of trainig, training, technical guidance, seminars for teachers in KKG activities in order to improve teacher pedagogical competence, the head of the madrasah motivates teachers to be more enthusiastic about working by giving rewars to members who excel and establishing good communication between the head of the madrasa, teachers and students. Keywords: Madrasah Principal Leadership, Teacher Pedagogic Competence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Mar 2023 07:48
Last Modified: 14 Mar 2023 07:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23625

Actions (login required)

View Item View Item